Wabah Corona, Warga Perumahan BRP Beri Bantuan Sembako Tetangga Kurang Mampu

sembako.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu di permukimannya, sejumlah masyarakat di RW 12 Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan berbagi paket sembako, Jumat malam, 3 April 2020.

Pembagian ini diinisiasi oleh kelompok emak-emak (ibu-ibu) komplek perumahan Bumi Rezki Permai (BRP), karena biasanya mengadakan Jum'at berkah dengan membagikan 300 paket nasi kotak di masjid Jabal Rizky.

"Namun, seiring kegiatan sholat jum'at yang ditiadakan, sementara sumbangan dari warga tetap masuk, maka kami inisiatif untuk membagikan sembako kepada warga kurang mampu," kata koordinator Konsumsi Jum'at Masjid Jabal Rizky, Eni, Jumat, 3 April 2020.

Ketua RW 12, Dr Rendy Prayuda menambahkan, dirinya langsung mengumpulkan perangkat RT dan meminta data terkait jumlah masyarakat yang tidak mampu di sekitar perumahannya.

"Alhamdulillah kita sudah mendata dari 5 RT dibawah RW12, ada sebanyak 20 KK yang dikategorikan kurang mampu, maka kita sudah bagikan sembako sebanyak 20 paket, yang isian dalam satu paket itu ada beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula 1 kg dan lain-lain," kata Rendy.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Masjid Jabal Rizky, Mahyudin. Dikatakan Mahyudin, musik yang haram adalah suara perut saudaramu kelaparan sedangkan kamu tidur dalam keadaan kenyang.

"Masjid harus peka terhadap jamaah sekitar untuk dibantu, agar dalam masa sulit ini kita sama-sama bisa stay rumah untuk mengurangi mata rantai penyebaran Corona virus," ujarnya.

Turut hadir Ketua Pembangunan Masjid, Martias dan Ketua Forum Kegiatan, Marzapen.

Martias mengungkapkan, keadaan negeri yang sedang dilanda wabah Corona virus ini tidak saja berdampak kepada kesehatan tetapi juga berdampak kepada ekonomi.

"Disaat himbauan untuk stay at home disampaikan, di satu sisi ada warga kita yang harus keluar rumah untuk mencari nafkah, makanya kegiaatan ini untuk membantu mengurangi beban warga kita," kata Martias.

Terakhir, Marzapen menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi pihaknya terhadap situasi hari ini, ia berharap semoga wabah cepat berlalu dan semua orang bisa beraktivitas seperti biasanya.