Satu Warga Duri Positif Corona, Camat Mandau Imbau Warga Tidak Panik

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Seorang warga Kecamatan Mandau, Duri Kabupaten Bengkalis, Riau dinyatakan positive Corona atau Copid 19. Camat Mandau, Riki Rihadi meminta warganya tidak panik dengan pengumuman tersebut.

"Sejauh ini, rumah pasien positif Corona telah disemprot dengan disinfekan oleh petugas kesehatan," kata Riki Rihardi, Senin 30 Maret 2020 via phone.

Riki Rihardi mengatakan, pihak kecamatan juga sudah memerintahkah ke pihak kelurahan tempat pasien bermukim untuk memperluas areal penyemprotan.

"Kita baru tau tadi, diberi tau oleh Puskesmas bahwa ada warga kita yang positif Corona. Tadi juga sudah dilakukan penyemprotan di rumah warga tersebut, dan saya juga sudah memerintahkan Lurah agar penyemprotan di wilayah tersebut," ujarnya

Dikatakan, selama ini memang dirinya tidak mendapat laporan dari manapun terkait adanya warga Duri yang sakit dengan gejala Corona tersebut. Kalau tahu lebih awal, tentu pihak kecamatan bisa lebih waspada. Setidaknya, melakukan tindakan-tindakan yang bisa memutuskan mata rantai penularan virus Corona.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, sambung Riki Rihardi, pihak kecamatan bersama Puskesmas Duri juga melakukan pendataan serta menelusuri kemungkinan siapa saja warga setempat yang pernah berinteraksi dengan pasien maupun keluarga pasien.

"Kalau pasien katanya sudah lama sakit dan jarang berhubungan dengan warga. Namun keluarganya ini yang kita tidak tahu dengan siapa saja sudah berinteraksi,” ujar Riki.

Riki Rihadi juga meminta warganya tetap meningkatkan kewaspadaan serta juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menerapkan prilaku hidup sehat sebagaimana dianjurkan pemerintah agar terhindar dari virus Corona.

"Dan yang lebih penting lagi, kita sangat mengharapkan kepada masyarakat, kalau ada warga yang terindikasi terpapar virus corona agar segera melaporkan ke RT, RW ataupun kelurahan,” imbuhnya.