Bangkitkan Kejayaan Perikanan, Warga Rohil Butuh Pelatihan

abu-khoiri.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat di kabupaten Rokan Hilir nampaknya ingin kembali meraih kejayaannya di sektor perikanan seperti puluhan tahun yang lalu, di mana pesisir Rohil menjadi 'surga' bagi usaha perikanan.

Anggota DPRD Riau Dapil Rohil, Abu Khoiri menjelaskan, dalam resesnya di Rohil pada Desember lalu, banyak kelompok masyarakat yang berharap ada bantuan dari pihak pemerintah.

Bantuan tersebut ialah bantuan berupa materi maupun tidak materi.

"Masyarakat di sana itu minta bantu alat tangkap dari pemerintah, jaring, jadi dari 1 Gross Tonase (GT) bisa jadi 2 GT, gitulah minta kalau yang di daerah pesisirnya ya," kata politisi PKB ini, Kamis, 30 Januari 2020.

Sedangkan bantuan non-materi, ditambahkan Abu, masyarakat meminta supaya ada pelatihan-pelatihan supaya kolam mereka bisa lebih produktif lagi dari hasil yang sekarang.

"Mereka minta ada pelatihan dan bimbingan teknis, bagaimana mengelola ikan, udang, kerang supaya lebih banyak lagi, sekarang sudah banyak UMKM yang membudidayakan ikan secara swadaya, upgrade skill," tuturnya.

Selama ini, masyarakat membudidayakan ikan secara alami saja, sebab kebanyakan mereka tidak begitu paham dengan inovasi-inovasi di dunia perikanan, karena memang mereka bukan sarjana perikanan.

Lebih jauh, masyarakat Rohil juga berharap adanya perhatian pemerintah di sektor infrastruktur jalan, sebab masalah jalan terutama di kecamatan penghasil sawit infrastruktur jalan masih menjadi masalah krusial.

Kemudian, keluhan terhadap belum adanya bantuan rumah ibadah juga disampaikan oleh masyarakat, dimana hampir setiap desa yang didatangi Abu mengaku sudah didatangi tim survey tapi hingga hari ini belum ada bantuan dari pemerintah.