Aktual, Independen dan Terpercaya


Karhutla Jalan Riau Baru Belum Padam, Petugas Berjibaku Padamkan Api

berjibaku-padmkan-api.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepulan asap tebal membumbung tinggi di sekitar lahan kosong Jalan Riau Baru, Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru, Minggu 19 Januari 2020. Tampak petugas gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni dan BPBD berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di ibukota Provinsi Riau ini.

Sebanyak dua unit pompa air dikerahkan ke lokasi ini untuk memadamkan api melalui jalur darat. Petugas tampak mendekat ke titik api dan menyemprotkan air. Namun api yang sudah membesar ditambah lokasi lahan yang dipenuhi semak belukar yang kering membuat api dengan cepat menjalar.

Petugas tidak patah semangat. Mereka terus menembakkan air ke api yang berkobar membakar lahan di kawasan ini.

Kepala Manggala Agni Daerah Operasional Pekanbaru, Edwin Saputra, Minggu 19 Januari mengatakan, kebakaran lahan yang melanda kawasan Payung Sekaki ini sudah terjadi sejak Sabtu 18 Januari kemarin. Hingga saat ini api belum padam.

"Kita sudah turunkan sebanyak 10 orang petugas dan dua unit pompa air untuk melakukan pemadaman api di Jalan Riau Baru, Payung Sekaki," kata Edwain.

Sejak awal tahun 2020 luas lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru selama hampir tiga pekan ini mencapai 2,45 hektar. Lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru menyebar di tujuh titik berbeda. Titik tersebut yakni Jalan Air Hitam, Jalan Soekarno-Hatta dekat Nivana Residence, Jalan Naga Sakti dan Jalan Lembah Sari.

Ada juga kebakaran lahan di Jalan Pemuda Ujung, Jalan Ambarawa dan Jalan Riau Baru. Lahan yang terbakar cukup luas yakni di Jalan Lembah Sari dan Jalan Pemuda Ujung. (*)