Tatib Belum Tuntas, Komisi IV DPRD Riau Tetap Laksanakan Hearing Tertutup

nursalam.jpg
(Hasbullah)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meski Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau saat ini masih melakukan pembahasan Tata Tertib (Tatib) melalui Pansus Tatib, namun sejumlah komisi sudah mulai melakukan hearing dengan mitra kerjanya.
 
Salah satunya komisi IV membidangi infrastruktur. Dalam dua hari belakangan Komisi IV sudah menggelar beberapa kali hearing mulai dengan Dinas PU, BPBD dan ESDM. Rapat tersebut juga berlangsung tertutup.
 
Menanggapi hal ini, Wakil ketua Komisi IV, Dani M Nursalam mengakui memang saat ini Tatib masih dalam tahap pembahasan sehingga belum bisa dipastikan komisi IV akan bermitra dengan dinas apa saja.
 
"Memang Pansus sedang membahas Tatib untuk lima tahun depan. Tapi kegiatan ini kita merujuk pada tatib yang lama," kata mantan ketua DPRD Inhil ini, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Ditanya apakah Komisi IV akan membuang-buang waktu jikalau dinas-dinas tersebut bermitra dengan komisi selain komisi IV. Dani menegaskan pihaknya tidak ingin berandai-andai dulu.
 
"Saya ini bukan anggota pansus, jadi saya kurang mengetahui pasti seperti apa dinamikanya. Tapi sekarang ini kita hanya silaturahmi, karena sejak kita dilantik dan komisi terbentuk belum pernah mengundang secara langsung mitra kerja," ungkap Dani.
 
Dijelaskan Dani, pertemuan dengan mitra kerja ini selain bersilaturahmi juga sekaligus mengetahui progres masing-masing kerja, sesuai dengan fungsi pengawasan DPRD.
 
Terkait permasalahan realisasi APBD masih yang minim di bulan Oktober ini, Komisi IV akan mendesak mitra kerja mereka untuk menggesa pekerjaan terutama di sektor pembangunan fisik.
 
"Kita harap sesegeranya dinas menggesa pekerjaannya sehingga realisasi fisik bisa tinggi dan masyarakat bisa dapat manfaat dari sana," tutupnya.