Aktual, Independen dan Terpercaya


Benarkah Calon-calon Bermasalah Lolos Tahap II untuk Posisi Direktur Bank Riau Kepri?

Gedung-Menara-Bank-Riau-Kepri.jpg
(BANK RIAU KEPRI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengumuman pelamar yang mendaftar untuk posisi Komisaris Utama, Direktur Utama, Direktur Dana dan Jasa serta Direktur Operasional Bank Riau Kepri, molor sehari dari jadwal ditetapkan sendiri oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel). 

Dari jadwal ditetapkan, pengumuman nama-nama pelamar lolos ke tahap kedua, berupa uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) dilakukan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta, 7-8 November 2019 mendatang.

Dari 27 pelamar, 14 di antaranya dinyatakan lulus seleksi administrasi, seleksi administrasi, sedangkan 13 di antaranya dinyatakan gugur oleh Tim Pansel, Selasa sore, 29 Oktober 2019. 

"(Sebanyak) 14 Pelamar lolos seleksi administrasi dan 13 pelamar tidak lolos," kata Ketua Tim Pansel, Ahmad Syah Harrofie, Rabu, 30 Oktober 2019.

Dari daftar nama-nama lulus tahap kedua tersebut, RIAUONLINE.CO.ID, kemudian mencoba melakukan penelusuran, terutama untuk calon dari internal, Bank Riau Kepri sendiri. 

Hasilnya? Mengejutkan. Ada nama-nama beberapa kali mengikuti seleksi direksi, namun selalu gagal terbentur saat penentuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB). 

Tak hanya itu, ada juga pelamar tak lulus asesmen sebagai kepala cabang, kemudian mendaftarkan diri pada posisi direktur, dan dinyatakan lulus administrasi oleh Tim Pansel. 

Lalu, ada juga calon direksi, ditengarai atau diduga terindikasi kasus hukum di masal lalu, namun kemudian mendaftar dan dinyatakan lulus untuk melangkah ke tahap fit and proper test. 

Selain itu, Ahmad Syah Harrofie menjelaskan, dari 14 pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut ternyata untuk posisi Komisaris Utama tidak ada satupun pelamar lolos seleksi

 "Iya, untuk pelamar komisaris utama ada enam orang, namun tidak ada lolos," ujarnya. 
 
Sedangkan untuk posisi Direktur Utama, ada lima orang mendaftar. Namun, dinyatakan lolos seleksi administrasi hanya dua orang.
 
"Jadi setiap posisi dibuka itu minimal harus ada tiga orang lolos seleksi administrasi. Karena posisi direktur utama lolos hanya dua orang, maka pendaftaran direktur utama ini akan diperpanjang," kata Penjabat Sekdaprov Riau ini. 
 
Kemudian untuk dua posisi lainnya sudah memenuhi kuota, sehingga dapat dilanjutkan tahap selanjutnya. Kedua posisi tersebut Direktur Dana dan Jasa, dan Direktur Operasional.
 
"Selanjutnya mereka mengikuti fit and proper test di Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) di Jakarta tanggal 7 sampai 8 November 2019 mendatang," katanya. 
 
Berikut Nama-nama peserta Seleksi Calon Komisaris Utama dan Direksi Bank Riau Kepri yang lolos Seleksi Administrasi.
 
A. Calon Direktur Utama
1. Dr Ir H Andi Buchori MM
2. Hendra Buana SE MM
 
B. Calon Direktur Dana dan Jasa
1. Afrid Wibisono ST MM
2. Andi Mulya SE MM
3. Khaerul Fata STP
4. M Jazuli SE Msi Akt
5. MA Suharto SE
6. M Nizam SE MM Ak CA
7. Yuharman SE
 
C. Calon Direktur Operasional
1. Denny Mulya Akbar SE
2. Ikhwan SE
3. Nusyirwan SE
4. Said Syamsuri SE
5. Tugiantoro SE MAkt SAS