Kesenian Jawa Meriahkan Perayaan HUT RI Ke-74 di Bengkalis

reog.jpg
(Andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAUONLINE, BENGKALIS - Sudah menjadi agenda tahunan, usai pelaksanaan apel bendera merah putih pada perayaan HUT RI ke-74 di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau menyuguhkan penampilan kesenian.

Ribuan masyarakat Kecamatan Bantan, berbondong-bondong hadir untuk meyaksikan penampilan kesenian yang dilaksanakan Sabtu 17 Agustus 2019 di lapangan sepakbola, Selatbaru, Kecamtan Bantan.

Kesenian Barong Rawi Joyo, dari berbagai kesenian masyarakat yang ada di Kecamatan Bantan tampil dan diikuti oleh instrumen musik khas jawa.

Menurut kepercayaan warga, kesenian itu dimaknai sebagai upaya dari warga desa setempat yang mayoritas petani dalam berusaha untuk membasmi hama tanaman yang dapat merusak hasil panen petani.

"Alhamdulillah, tahapan perayaan HUT RI ke-74 di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis hari ini dapat terlaksana dengan lancar. Sama seperti tahun sebelumnya, antusias masyarak sangat tinggi," kata Camat Bantan, Reza Noverinda.

Selain itu, Reza Noverinda menambahkan kegiatan juga diisi dengan penampilan dan inisiatif dari warga guna mengenalkan tradisi adat istiadat warga setempat.

"Idealnya, dengan dimeriahkan penampilan adat istiadat tersebut, mampu memberikan pengetahuan kepada generasi muda sebagai generasi penerus tentang sejarah adat istiadat orang tua terdahulu," terang Camant Bantan.

Pun demikian, Reza Noverinda megimbau kepada generasi muda di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis secara giografis wilayah perbatasan dengan Malaysia selalu tetap memiliki rasa nasional.

Ditambahkanya, Kabupaten Bengkalis masuk lokasi prioritas (Lokpri) wilayah perbatasan atau terluar yang langsung berhadapan dengan Malaysia.

"Oleh karena itu, mari kita memaknai HUT RI 74 diwilayah kita ini dengan tetap kukuh miliki rasa nasional supaya kita mampu membentengi agar budaya luar tidak masuk," imbuhnya.

Senada juga disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Sofyan. Menurutnya, antusias masyarakat di Kecamatan Bantan layak diapresiasi. Bahkan, bukan hanya peringatan HUT RI terselenggara dengan meriah dalam kegiatan lain juga tampak terlaksana dengan kompak.

"Kita bangga dan sangat apresiasi kepada masyarakat Kecamatan Bantan ini, sejak dulu kekompakan dan kerukunan tetap terjalin. Semoga ini menjadi reperensi kepada Kecamatan lainya," tambah Syofian.