Rakornas IMM, Mendikbud Sampaikan Peluang Beasiswa LPDP Rp 60 Triliun

muhajjir-efendi.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) Prof Muhajir Effendi kembali melakukan kunjungan kerjanya ke Pekanbaru, Kamis (4/7/2019). Kendatangan Muhajir ke Pekanbaru adalah menghadiri Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Kampus Umri, Jalan Tuanku Tambusai.

Pada kesempatan tersebut, Mendikbud juga sempat menyampaikan sejumlah peluang-peluang beasiswa luar negeri yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Sebab kata Muhajir banyak sekali penawaran beasiswa luar negeri yang tidak dimanfaatkan oleh mahasiswa. Salah satu kendalanya adalah penguasaan bahasa asing. Khususnya bahasa inggris dan bahasa arab.

"Banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh kader-kader muhammdiyah, kuasai bahasa asing, bagi mereka yang bersunguh-sungguh dan bekerja keras, itulah yang akan mampu menangkap peluang-peluang itu. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) itu beasiswa besar-besar, bahkan anggaranya sampai Rp 60 triliun. Tapi kalau ini tidak bisa kita manfaatkan jangan salahkan LPDPnya, salahkan kita yang tidak bisa memenuhi standarnya," ujarnya.

Rakornas IMM se Indonesia tahun ini dipusatkan di Riau. Kampus Umri didaulat menjadi tuan rumah even tahunan IMM ini. Selain Mendikbud, hadir juga dalam Rakornas tersebut Gubernur Riau, Syamsuar dan Kepala Dinas Pendidikan Riau, Rudiyanto.

Dalam sambutanya, Gubri menyampaikan selamat datang bagi peserta Rakornas yang datang dari seluruh Indonesia. Pada kesempatan tersebut Syamsuar sempat memberikan tawaran kepada peserta rakornas yang ingin berjalan-jalan ke Siak akan ditanggung transportasinya.

"Kalau ada rencana mau jalan-jalan ke Siak silakan nanti hubungi saya. Kita akan siapkan 3 bus untuk peserta Rakonas yang ingin jalan-jalan ke siak," kata Syamsuar disambut tepuk tangan para peserta rakornas. (*)