Aktual, Independen dan Terpercaya


Sebanyak 1.238 JCH Asal Pekanbaru Diberangkatkan dalam 5 Kloter

Embarkasi-haji-antara-Riau.jpg
(Azhar Saputra)

Laporan: RICO MARDIANTO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 1.238 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Pekanbaru akan diberangkatkan ke Tanah Suci secara bertahap pada ibadah haji tahun 2019.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Pekanbaru Sarbaini Hasyim mengatakan, JCH dibagi dalam lima kelompok terbang (kloter) keberangkatan.

Kloter pertama diberangkatkan yaitu kloter 2, pada tanggal 8 Juli 2019. Sehari setelah itu menyusul kloter kloter 4. Dilanjutkan kloter 5 pada 11 Juli, dan kloter 6 pada 12 Juli.

Para jemaah haji nantinya akan diberangkatkan dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan sehari jelang keberangkatan JCH menginap di Embarkasi Haji Antara Riau.

"Masing-masing rombongan JCH asal Riau nantinya ada yang berangkat dengan jemaah haji dari daerah lain di Provinsi Riau," katanya, Jumat, 14 Juni 2019 di Mal Pelayanan Publik Pemko Peakanbaru.

Untuk memperlancar pelaksanaan ibadah haji bagi jemaah, kata Sarbaini, Kementerian Agama Provinsi Riau adakan bimbingan manasik haji bagi JCH. Kegiatan manasik haji tersebut dimulai pada 13 Juni untuk tingkat kota Pekanbaru dan tingkat kecamatan pada 14 Juni, terakhir tanggal 26 Juni 2019.

"Manasik haji diadakan supaya jemaah memiliki kematangan sebelum berangkat ke tanah suci," lanjut Sarbaini.

Terkait kesehatan JCH selama dalam perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji, telah disiapkan masing-masing tiga petugas medis bersama Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) untuk tiap kloter.