Aktual, Independen dan Terpercaya


Cabor Petanque Bakal Dipertandingkan Pada Porprov X Riau di Kuansing

jupirman.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Untuk pertama kalinya cabang olahraga Petanque bakal dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau Tahun 2021 di Kabupaten Kuansing.

Apa itu Petanque? dilansir dari laman Wikipedia Petanque awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan jaman Yunani Kuno sekira abad ke-6 SM.

Versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di kota La Ciotat, di Provence, di selatan Prancis.

Dilansir Tribunjogja.com, petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan. Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter.

Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah batle tim. Petanque pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada ajang SEA Games tahun 2011 di Palembang.

"Cabor ini mungkin yang pertama akan kita pertandingkan pada Porprov nanti," ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing melalui Kasi Olahraga pada Bidang Pemuda Olahraga, Surya Kurniawan, Senin, 21 Oktober 2019.

Meskipun belum memiliki venue khusus untuk olahraga pentaque ini, namun Surya mengatakan, Kuansing sudah memiliki atlet pentaque. "Atlet kita berlatih di Pekanbaru, rata-rata mereka adalah mahasiswa," ujarnya.

Bahkan dirinya menargetkan akan banyak medali yang didapat nantinya oleh Kuansing apabila cabor ini jadi pertandingkan pada Porprov nanti. "Ada 10 nomor yang akan dipertandingkan pada cabor Pentaque ini," katanya.

Menurut Surya, untuk lokasi tempat pertandingan sendiri itu lahannya tidak terlalu luas dan bisa menggunakan lahan kosong yang memiliki rerumputan. "Venuenya simpel, bisa dilapangan," ujarnya.

Dimana pada Porprov nanti akan ada 24 cabor yang dipertandingkan diantaranya, silat, dayung, tenis, balap motor, angkat besi, muaythai, karate, badminton, taekwondo, sky air, tinju, renang, catur, atletik, basket, panjat tebing, tenis meja, kodrat, sepakbola dan lainnya.