Wali Kota Pekanbaru Firdaus Belum Puas Capaian SAKIP Tahun Ini

Firdaus9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengaku belum puas dengan hasil capaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kota Pekanbaru tahun 2020. Pemerintah kota baru bisa mendapat predikat B dengan rentang poin 60 hingga 70.

Firdaus menyebut, predikat ini belum sesuai target predikat SAKIP. Ia mengaku sudah menargetkan bahwa jajarannya bisa mencapai predikat A dengan rentang poin 80 hingga 90.

Capaian predikat SAKIP tahun ini memang mengalami kenaikan dari tahun 2018 silam. Saat itu capaian SAKIP memperoleh predikat C dengan rentang poin 30 hingga 50.

Sedangkan pada tahun 2019 naik menjadi CC. Poinnya dalam rentang 50 hingga 60.

"Secara umum ada kenaikan kinerja tahun ini, tapi belum seperti yang diharapkan," jelasnya usai ekspos hasil evaluasi SAKIP perangkat daerah, Selasa 29 Desember 2020.

Dirinya berharap ada perbaikan kinerja di 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah kota. Apalagi jajaran OPD pemerintah kota sudah mendapat bimbingan langsung dari kementrian teknis.

Firdaus menyebut bahwa adanya kenaikan penilaian SAKIP karena sebagian besar OPD sudah mulai berbenah. Ia tidak menampik masih ada OPD yang memperoleh predikat rendah.