Pemko Pekanbaru Segera Bentuk RSD Madani Menjadi BLUD

jamil.jpg
(defi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani segera menjadi satu Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kota Pekanbaru. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sedang menggesa pembentukan BLUD untuk layanan kesehatan di rumah sakit pemerintah itu.

"Rumah sakit sudah ada, maka kita bentuk BLUD," Terang Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Jumat 16 Oktober 2020.

Jamil menyebut, pihaknya bersama tim penilai bakal mengusulkan ke Wali Kota Pekanbaru untuk membentuk BLUD khusus RSD Madani. Mereka sudah membahas rencana pembentukan BLUD rumah sakit tersebut. Satu bahasan yakni kelengkapan administrasi BLUD.

Pembentukan BLUD ini untuk mengoptimalkan operasional rumah sakit tersebut. Apalagi rumah sakit ini sudah melayani masyarakat sejak awal tahun 2018 silam.

"InsyaAllah kita gesa tahun ini sudah terbentuk BLUD RSD Madani," ujarnya.

Rumah sakit pemerintah kota ini berada di Jalan Garuda Sakti. Status rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit klas C. Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) di rumah sakit ini sebanyak 98 orang.

Ada 30 orang dokter di rumah sakit pemerintah itu. Enam di antaranya dokter umum dan tiga dokter gigi. Ada 21 dokter spesialis di rumah sakit tersebut.

Jumlah tenaga keperawatan di sana ada 16 orang. Untuk tenaga kebidanan sejumlah delapan orang.

Ada juga tenaga farmasi, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, gizi, terapi fisik dan teknis biomedika. Rumah sakit ini juga sudah punya manajemen dan struktural.