Tiba di Riau, Kasus Karhutla Jadi Catatan Penting Kapolda Baru

karhutla-kebun-karet-di-Kampar.jpg


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, tiba di Pekanbaru, Kamis (23/8) siang. Bersama istrinya, mantan Wakapolda Jawa Timur ini disambut oleh mantan Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang, dan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Penyambutan pejabat Polri tertinggi di Negeri Lancang Kuning ini, dilakukan di VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Brigjen Widodo, langsung menyalami Irjen Nandang. Nandang pun langsung mengalungkan bunga bercorak merah putih di leher Brigjen Widodo.

Sambil melemparkan senyum, Brigjen Widodo menyapa semua orang yang ikut dalam prosesi penyambutan tersebut. Disalaminya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Didampingi Irjen Nandang, Brigjen Widodo mendatangi semua yang hadir di dalam penyambutan itu.

Sambil bersalaman, Irjen Nandang pun memperkenalkan satu per satu pejabat utama Polda Riau. Mulai dari Direktur Intelkam Kombes Pol Trijen Faisal, Dirkrimsus Kombes Pol Gidion Arif Setiawan, Dirkrimum Kombes Pol Hadi Purwanto, Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, serta pejabat utama lainnya.

Baca Juga: Api Hilang Timbul, Karhutla di Teluk Meranti Hanguskan 10 Hektar Lahan

Tak tertinggal pula Kapolda baru ini menyalami para Pimpinan Tertinggi Kasatwil Polda Riau. Usai itu, Brigjen langsung menuju ruang VIP, dengan melakukan pertemuan dengan jajaran Polda Riau, dan Gubernur Andi Rachman.

Usai pertemuan singkat itu, Brigjen Widodo sempat diwawancarai oleh sejumlah wartawan. Yang menjadi salah satu catatan penting baginya, adalah kasus kebakaran hutan dan lahan. Wajar saja, kasus karhutla marak di Riau.

Oleh karena itu, dia berjanji untuk mengevaluasi penanganan kasus kejahatan karhutla di Riau. "Perlu ada evaluasi di sana sini, mengingat adanya peningkatan titik panas di Riau. Itu sudah menjadi kewajiban saya. Saya akan koordinasi dengan instansi terkait," ujar Widodo.

Klik Juga: BPBD Hingga MPA Berjibaku Padamkan Karhutla di Pulau Muda Pelalawan

Katanya, dalam penanganan kasus karhutla, Polda Riau sudah dikenal di luar. Bahkan Polda Riau menjadi proyek percontohan beberapa tahun terakhir dalam penanganan karhutla tersebut. "Itu menjadi pedoman saya ke depan," sebutnya.

Tak hanya itu, Brigjen Widodo juga berjanji untuk melanjutkan prestasi-prestasi yang sudah ditoreh oleh Irjen Nandang. Bahkan, dia sudah berniat untuk meningkatkan prestasi itu. "Terkait itu, kita akan tingkatkan lagi kinerja di jajaran Polda Riau, untuk meraih prestasi-prestasi," sebutnya.

Sementara, Irjen Pol Nandang yang kini bertugas di Badan Intelejen Negara (BIN), berpesan kepada Brigjen Widodo untuk selalu menjaga hubungan baik dengan semua elemen. Termasuk juga media. "Hubungan baik dengan media sudah sangat baik. Ke depan harus ditingkatkan," pesan Nandang.

Lihat Juga: Ribuan Warga Rokan Hilir Dikepung Kabut Asap Karhutla

Usai itu, dari Bandara SSK II Pekanbaru, Brigjen Widodo bertolak ke Mapolda Riau. Irjen Nandang ikut mendampingi Brigjen Widodo, untuk melihat kantor yang akan didiami Kapolda baru.

Diketahui, dalam rangka penyambutan Kapolda baru ini, serangkaian kegiatan juga telah disusun. Seperti prosesi peralihan pucuk kepemimpinan Kapolda Riau yang akan dilakukan pada Jumat (23/8) di Mako Brimobda Riau, dengan menggelar farewel and parade.

Peralihan pimpinan ini juga akan dilakukan tradisi pedang pora, menyambut Kapolda Baru, dan melepas Kapolda lama, Irjen Pol Nandang. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id