Api Hilang Timbul, Karhutla di Teluk Meranti Hanguskan 10 Hektar Lahan

Karhutla-Dumai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PELALAWAN - Dalam sepekan 10 hektar lahan hangus dalam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, sejak pertama kali muncul.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio mengatakan api melalap lahan yang merupakan semak dan lahan, hamparan serta sebagian kebun milik warga.

Pemadaman karhutla sulit dilakukan mengingat api membakar tanah gambut. Apalagi api muncul silih berganti, meski sudah dipadamkan.

Baca Juga: BPBD Hingga MPA Berjibaku Padamkan Karhutla di Pulau Muda Pelalawan

"Apinya silih berganti. Sudah padam, kemudian timbul lagi. Begitu terus. Karena lahannya gambut," ungkap Hadi, Kamis, 23 Agustus 2018.

Hadi menyebutkan, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri, Manggala Agni, serta Masyarakat Penduli Api (MPA) masih berjibaku melakukan pemadaman dan melokalisir api. Personil gabungan juga masih bersiaga di lokasi karhutla.

"Upaya pemadaman terus dilakukan di Pulau Muda. Kita selalu koordinasi bersama tim yang lain," tandasnya.

Klik Juga Ribuan Warga Rokan Hilir Dikepung Kabut Asap Karhutla

Selain itu, tim gabungan juga sudah meminta bantuan helikopter Water Bombing (WB) ke BPBD Riau. Sementara, pemadaman dari udara sudah dilakukan secara berangsur. Pasalnya, tim operasi udara tengah fokus di wilayah Dumai dan Rokan Hilir (Rohil) yang saat ini membara. (****)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id