BJ Habibie dan Busana Melayu Riau, ini Kisah di Baliknya

BJ-Habibie-berbusana-Melayu.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Yoserizal Zen terkejut saat mendapatkan foto Presiden Presiden RI ke 3, BJ Habibie yang tengah mengenakan pakaian Melayu berwarna kuning.

Foto itu didapatkannya tepat pada pelaksanaan HUT RI ke 73 di Instana negara. Dalam foto tersebut, tampak Bapak Teknologi ini berdiri sejajar degan presiden RI, Joko Widodo beserta tamu undangan lainnya.

Tampak mencolok, dengan busana warna kuning yang dikenakan. Bahkan paling mencolok diantara pakaian adat yang ada.

"Tadi saya mendapat kiriman foto beliau (B.J Habibie) mengenakan pakaian Melayu warna kuning saat upacara 17 Agustus di Istana Negara," katanya Sabtu, 18 Agustus 2018.

Rupa-rupanya, itu merupakan permintaan eyang Habibie saat berada di Riau beberapa waktu yang lalu. Habibie meminta langsung kepadanya bahwa ingin mengenakan pakaian melayu kuning saat peringatan HUT RI nanti.

"Jadi kemaren itu beliau pernah menyampaikan begini, kalau saya panjang umur tanggal 17 Agustus nanti saya akan kenakan pakaian Melayu Riau warna kuning," ucapnya mengulang perkataan Habibie.

Keinginannya itu tidak dilupakan oleh Yose. Tanpa pikir panjang dirinya langsung menyampaikannya kepada gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman perihal keinginannya itu.

Mendapat laporan itu, Gubri Andi Rachman langsung langsung memerintahkan untuk menyiapkan pakaian Melayu Riau untuk dikirim ke Jakarta.

"Alhamdulillah saat upacara 17 Agustus di Istana Negara beliau memakai pakaian Melayu Riau yang kita kirim," ucapnya bangga.

Seperti diketahui, peringatan HUT RI ke 73 di Istana Negara dimeriahkan dengan beragam pakaian daerah dari peserta. Termasuk Presiden Joko Widodo, para menteri dan tamu undangan mengenakan busana dari daerah di Indonesia.

Salah satu tamu yang hadir adalah Presiden Indonesia ke-3, BJ Habibie. Beliau tampil menawan dengan busana Melayu Riau berwarna kuning.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id