Gempa 6,7 SR Guncang NTT, Guncangannya Sampai Bali

Gempa-Bumi.jpg
(Internet)

RIAUONLINE, JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6,7 SR mengguncang wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Jumat, 17 Agustus 2018 malam, sekitar pukul 22.35 WITA.

Informasi diperoleh dari BNPB Pusat disebutkan, gempa berlokasi di 125 Km Barat Laut Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pusat gempa berkedalaman 559 Km dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang diterima pada Sabtu, 18 Agustus 2018 mengungkapkan, gempa dirasakan sedang oleh masyarakat di Manggarai Barat selama 2-3 detik.

"Tidak ada kepanikan. Sebagian masyarakat keluar rumah. Belum ada laporan kerusakan rumah, bangunan dan adanya korban jiwa," jelasnya.

Gempa juga dirasakan di Kota Mataram (ringan) selama 3 detik, Lombok Tengah (ringan) selama 3-4 detik dan di Kota Ende (sedang) selama 3 detik.



Intensitas gempa juga dirasakan di beberapa daerah adalah di Bima, Lombok Utara II SIG-BMKG (IV MMI), Waingapu II SIG-BMKG (III-IV MMI), Mataram, Loteng, Kuta II SIG-BMKG (III MMI), Denpasar II SIG-BMKG (II-III MMI), Lobar I SIG-BMKG (II MMI).

Dari intensitas gempa dirasakan tersebut maksimal adalah sedang. Umumnya bangunan tidak mengalami kerusakan. Bangunan akan mengalami kerusakan parah jika menerima intensitas gempa dirasakan lebih besar dari VI MMI (keras) seperti di Lombok tempo hari.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id