Pembukaan Asian Games 2018 akan Jadi Sejarah yang Spektakuler

Obor-Asian-Games-di-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)

RIAUONLINE, JAKARTA - Pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 sudah berada di depan mata. Malam ini, Sabtu 18 Agustus 2018 pukul 19.00 WIB, akan dilaksanakan upacara pembukaan.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir melalui rilisnya mengatakan bahwa Asian Games 2018 akan menjadi Asian Games terbesar sepanjang sejarah. Ajang ini juga diyakini akan menjadi warisan atau legacy yang berharga bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

"Dengan diawali dengan sebuah upacara pembukaan yang megah, spektakuler dan sakral, kami yakin Asian Games 2018 akan menciptakan perdamaian di benua Asia dan tentunya memperkuat persatuan bangsa Indonesia," tutup Erick Thohir.

Upacara pembukaan Asian Games 2018, akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan akan hadir dan membuka perhelatan olahraga yang diikuti oleh 45 negara di Asia tersebut.

Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahda Al Sabah dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir akan mendampingi Presiden Republik Indonesia dalam menyambut para partisipan.
Kemudian, upacara pembukaan yang dikomandani oleh Wishnutama sebagai Creative Director tersebut akan dihadiri juga oleh Perdana Menteri Republik Korea, Lee Nak-Yeon.

Pembukaan Asian Games 2018 akan menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dalam upacara pembukaan pertandingan olahraga multi-event. Dengan berat total 600 ton dan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, panggung tersebut akan menjadi latar saat 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh kontingen berparade dibawah bendera kebanggaan negaranya.


Saat parade akan ada 44 negara yang tampil dikarenakan Republik Korea dan Republik Rakyat Demokratik Korea akan berada dalam satu bendera yaitu Korea. Dalam parade tersebut, setiap negara akan dipimpin oleh pembawa papan nama negara yang memakai busana bernuansa burung Garuda yang dirancang oleh Dynand Fariz, pendiri Jember Fashion Carnival.

Dalam rangkaian acara pembukaan Asian Games 2018 akan berlangsung juga pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh PASKIBRA sebanyak 70 orang dengan formasi 17 orang sebagai pengawal, 8 orang sebagai pembawa bendera dan 45 orang sebagai penjaga yang menggambarakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945.

Pembukaan Asian Games 2018 yang diperkirakan ditonton oleh miliaran orang
Nantinya juga akan dimeriahkan oleh 18 artis papan atas Indonesia seperti tiga kali nominator Grammy Award, Joey Alexander dan artis kelas internasional, Anggun serta terdapat juga Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon dan Via Vallen.

Selain para penyanyi, pertunjukan tersebut juga akan menampilkan 3.600 penari dan performer dibawah arahan koreografer top Indonesia, Denny Malik dan Eko Supriyanto serta diiringi oleh ribuan musisi arahan Addie MS dan Ronald Steven. Patut diketahui bahwa mereka telah berlatih selama 126 hari dan menghabiskan 231.000 botol air minum serta 38.500 porsi makanan dalam rangka memberikan sebuah pertunjukan kolosal yang tidak bisa dilupakan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id