Aktual, Independen dan Terpercaya


Lagi, Satu Titik Api Bakar Lahan di TNTN Pelalawan

karhutla-kebun-karet-di-Kampar.jpg

 

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di areal Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Kabupaten Pelalawan, tepatnya di Jalur 8 Desa Air Hitam Kecamatan Ukui. Satu titik api terdeteksi di Pelalawan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio mengungkapkan, titik karhutla kali ini tidak jauh dari lokasi karhutla yang terjadi pada Sabtu, 14 Juli lalu.

"Lokasinya berdekatan dengan titik kebakaran lahan yang terjadi Sabtu lalu. Masih berada di sekitar areal TNTN," kata dia, Rabu, 18 Juli 2018.

Menurut Hadi, lahan yang terbakar tersebut merupakan tanah mineral yang ditumbuni sisa tanaman akasia jenis Karpa dan ditumbuhi semak belukar pakis serta beberapa jenis Mahang.

Baca Juga 2 Titik Api Hanguskan 23 Hektar Lahan di Pelalawan Padam Usai 3 Hari

Sejak muncul Selasa, 17 Juli 2018, hingga kini tim gabungan yang dipimpin Kapolsek Ukui AKP Amriadi dan Danramil 04/PKL. Kuras Kapten INF Kasmir masih berjibaku memadamkan api.

"Tim sedang melokalisir api agar tidak merembet ke lahan lain dan tak meluas. Sebagian memadamkan langsung ke titik sumber api," ujarnya

Pemadaman juga melibatkan personil Polri, TNI, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Redam TNTN, serta perusahaan sekitarnya. (****)