Kabut Asap Riau dalam Gambar

 

RIAU ONLINE - Asia Tenggara tengah diselimuti kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan pembukaan lahan yang kemudian memicu protes dari berbagai organisasi dan aliansi masyarakat sipil.


Dalam video ini tampak seperti apa kabut asap menyelimuti sebagian besar wilayah di Pulau Sumatera karena kebakaran hutan dan lahan dalam skala besar.

 

Tampak juga Pemuda Riau yang tergabung dalam DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Riau mendatangi Kantor Pos untuk mengirimkan tiket pesawat Lion Air kelas ekonomi rute Jakarta-Pekanbaru. Tiket penerbangan Hari Minggu (20/9/2015) tersebut, dipersiapkan untuk orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo yang dikirim ke Istana Negara, Jakarta.

 

Tiket seharga Rp639 ribu tersebut, mereka peroleh dari uang donasi para pengendara motor dan mobil di peremapatan lampu merah depan Kantor Gubernur Propinsi Riau, Jalan Sudirman-Gajah Mada, Kamis (17/9/2015).

 

South East Asia has been enveloped in choking haze caused by land-clearing fires, prompting protests.CCTV reports from the Indonesian island of Sumatra.

Posted by CCTV on 17 September 2015

 

Koordinator Divisi Politik dan Kebijakan Publik DPD KNPI Riau, Yopi Pranoto mengatakan, dulu Jokowi pernah berjanji akan berkantor di Riau jika kabut asap kembali terjadi, dan kini janji tersebut ingin mereka tagih.

 

Video tersebut juga menggambarkan kabut asap yang mengganggu aktivitas masyarakat Pekanbaru. Tampak para pengendara motor yang harus menggunakan masker untuk melindungi bahaya asap. Kabut asap juga menyebabkan terganggunya aktivitas penerbangan pesawat di beberapa bandara di Sumatera, penumpang menumpuk di Bandara menunggu kepastian kapan mereka bisa berangkat.

 

Masyarakat mulai banyak yang mengeluh sakit lantaran terdampak kabut asap. Para pelajar dan mahasiswa harus libur panjang hingga kondisi udara Riau membaik.

 

Terlihat pula bagaimana pasukan berseragam loreng melakukan pemadaman di area kebakaran hutan. Meskipun terkendala air, namun pemadaman tetap dilakukan dengan air sungai dan lainnya. Helikopter dan TNI dikerahkan untuk melakukan pemadaman tersebut.


Video ini telah mendapatkan like dari 412 orang dan telah dibagikan sebanyak 82 kali.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: CCTV