Kapolres Kuansing Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Apel-di-pengamanan-tps-di-kuansing.jpg
(Dok. Polres Kuansing)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024.

Apel tersebut juga dihadiri Wadir Reskrimsus AKBP Iwan P Manurung, Danki BKO Brimob Polda Riau AKP Suyadi, Kasubdit 5 Ditreskrimsus Kompol Fajri, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, sejumlah perwira dan ratusan personil, bertempat di Mapolres Kuansing, Senin, 12 Februari 2024.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito mengatakan operasi mantap brata lancang kuning tahun 2024 juga didukung TNI, Pemda Kuansing, instansi terkait dan mitra Kamtibmas. Dimana pengamanan pemilu tahun 2024 telah dimulai sejak 19 Oktober 2023 lalu. Pengamanan akan berlangsung hingga 26 Mei 2024 mendatang atau 222 hari.

Pengamanan, kata Kapolres, meliputi mulai kantor KPU, kantor Bawaslu, pengamanan kampanye, masa tenang, pemungutan suara, perhitungan suara, penetapan hasil pemilu, pengucapan sumpah dan janji sampai pelantikan.

"Ada 258 personel yang akan mengamankan 1.006 TPS berada di 15 kecamatan di Kuansing," kata Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito melalui keterangannya, Senin, 12 Februari 2024.

Dari jumlah tersebut disampaikan Kapolres ada 1.003 TPS kurang rawan, 1 TPS rawan berada di TPS 2 desa Sungai Besar Hilir dan 2 TPS khusus berada di Lapas Kelas II B Teluk Kuantan.


Kapolres menyampaikan kalau sejauh ini  tahapan pemilu 2024 sudah berjalan dengan baik. Sebentar lagi kata Kapolres akan dilakukan pemungutan suara, sehingga masing-masing personel diharapkan menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diemban, serta memahami bagaimana rangkaian prosedur dan keamanan di lokasi TPS.

"Personel yang ditugaskan dalam pengamanan TPS agar menjaga performance dengan baik dimulai dari sikap, tampang, seragam, atribut dan kelengkapan lainnya karena marwah institusi kita tercermin dari etika dan profesionalitas tugas," kata Kapolres.

Kapolres juga menekankan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan agar selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa. 

"Semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua," ucap Kapolres.

Kapolres juga mengingatkan kepada setiap personil untuk mengecek kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanan pengamanan di TPS.

"Laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai sop dengan menerapkan body system guna menjamin keselamatan personel," katanya.

Terakhir, Kapolres mengimbau kepada seluruh personil untuk tetap menjaga netralitas dalam pemilu tahun 2024. 

"Secara pribadi dan institusi saya mengucapkan terima kasih kerjasamanya, dukungan dan bantuan rekan rekan selama ini dalam mensukseskan pemilu tahun 2024," tutupnya.