Yuk Jaga Suara, Lewat 3 Aplikasi Ini Kamu Bisa Ikut Awasi Pemilu 2024

Ilustrasi-bilik-suara.jpg
(Foto: Denny Armandhanu/kumparan)

RIAU ONLINE - Hari pemungutan suara Pemilu 2024 sudah di depan mata. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan berupaya mencegah terjadinya kecurangan bersama masyarakat.

Untuk itu, KPU RI akan membuka akses Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) agar masyarakat bisa ikut mengawasai suara yang masuk.

Masing-masing timses dan pendukung dari tiga paslon capres-cawapres pun turut memantau rekapitulsai suara masing-masing melalui aplikasi.

Selain itu, sejumlah kelompok masyarakat turut membuat aplikasi serupa. Tiga di antaranya adalah KawalPemilu 2024, Jaga Suara 2024, dan Warga Jaga Suara, yang bisa kamu gunakan untuk mengawasi pemilu, sebagaimana dilansir dari kumparan, Senin, 13 Februari 2024.

Seperti apa tiga aplikasi tersebut?

KawalPemilu 2024

KawalPemilu 2024 merupakan situs dari hasil urun-daya atau crowdfunding dari masyarakat yang dikumpulkan oleh Indonesia Pro Data sejak Pemilu 2014 lalu. Lewat situs ini, siapa pun bisa mengirimkan hasil pilpres dari TPS berupa formulir C Hasil-PPWP.

Untuk turut mengawasi pemilu lewat situs ini, kamu cukup masuk ke KawalPemilu 2024 dan login. Kemudian, kamu bisa mengunggah foto hasil suara di TPS-mu beserta angkanya.


Selanjutnya, data yang kamu unggah akan ditinjau kembali oleh moderator, termasuk lokasi TPS yang kamu unggah. Hasil tersebut juga akan diperiksa ulang sistem KawalPemilu 2024.

Warga Jaga Suara

Warga Jaga Suara merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh CEO PolMark Indonesia sekaligus pengamat politi, Eep Saefulloh Fatah. Hingga hari ini, Senin, 12 Februari 2024, Warga Jaga Suara sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna dengan ratting 4,8.

Di aplikasi ini, kamu tak hanya bisa mengirimkan foto formulir C1 yang jadi hasil penghitungan suara di TPS. Kamu juga bisa melaporkan indikasi kecurangan pemilu yang ditemukan di wilayahmu.

Tak hanya itu, kamu bisa memamerkan jari tanda kamu sudah menggunakan hak suara di Pemilu 2024.

Beberapa fitur lainnya adalah laporan suara (laporan data TPS di domisili pengguna), saya bersuara (laporan kontribusi pengguna dalam pencoblosan), dan laporan pelanggaran (kerusuhan, penghancuran properti, pemalsuan suara).

Jaga Suara 2024

Jaga Suara 2024 adalah aplikasi yang dikembangkan organisasi nonprofit Network for Democracy and Electoral Integrity (Negrit) dan International IDEA.

Aplikasi ini mirip dengan Warga Jaga Suara. Kamu bisa bergabung menjadi relawan dengan mendaftarkan TPS yang ada di sekitarmu.

Kamu tak cuma bisa mendaftarkan satu TPS tempatmu nyoblos saja, tapi bisa lebih dari satu TPS.

Lewat aplikasi ini, kamu dapat berkontribusi mengirimkan data C1 di TPS-TPS sekitarmu dan mengirimkannya melalui server Jaga Suara 2024.

Hasil data ini akan dikumpulkan dan direkapitulasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.