Pemudik Melewati Padangpanjang dan Bukittinggi Berhati-hati Lahar Dingin

Banjir-Lahar-Dingin.jpg
(RIAU ONLINE/INFOSUMBAR)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bagi pemudik yang baliak kampuang ke Sumatera Barat (Sumbar) mesti berhati-hati dan waspada. Cuaca di provinsi tetangga Riau tersebut mulai memasuki musim hujan.

Akibatnya sejumlah ruas jalan mulai digenangi air seperti di Jalan Raya Bukitttingi-Padangpanjang, Nagari Aie Angek, Kabupaten Tanah Datar, Rabu, 10 April 2024.

Banjir di Jalan Raya Bukitttingi-Padangpanjang tersebut merupakan banjir lanjutan lahar dingin yang terjadi beberapa waktu lalu.

Hingga Kamis, 11 April 2024, kepolisian Tanah Datar berjibaku mengatur arus lalulintas dan memberlakukan sistem buka tutup untuk di titik lokasi banjir Aie Angek Padang Panjang.


Pemudik Riau ingin berangkat ke Sumbar diminta untuk hati-hati dalam berkendara.

"Bagi pengendara yang melintasi Jalan Raya Bukitttingi-Padangpanjang untuk tetap hati-hati melintasi titik banjir," ujar personel Kepolisian yang bertugas di lokasi.

Tidak hanya itu, Ditlantas Polda Sumbar memberlakukan sistem One Way dibeberapa titik rawan kemacetan di Sumatera Barat.

Warga yang berangkat dari dari Padang bisa melewati Sicincin Padang Pariaman-Padang Panjang-Padang Lua-Bukittinggi. Sedangkan pemudik dari Bukittinggi bisa melewati Padang Lua-Malalak-Koto Mambang-Sicincin Padang Pariaman-Padang.

Waktu penerapannya sistem satu arah akan dimulai pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB.