Kabinet Prabowo-Gibran Mulai Dibentuk, Jokowi Bakal Cawe-cawe?

Jokowi-dan-Prabowo3.jpg
(Setkab.go.id)

RIAU ONLINE - Pembentukan kabinet Prabowo-Gibran sudah mulai disusun. Padahal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum resmi menetapkan pasangan nomor urut 2 itu sebagai pemenang Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan partainya cukup berjasa dalam pemenangan Prabowo-Gibran, sehingga wajar jika mendapat jatah setidaknya 5 menteri.

Peran Presiden Joko Widodo dalam pembentukan kabinet pun turut dipertanyakan. Banyak yang menilai Jokowi akan ambil andil dalam pembentukan kabinet dan menitipkan sejumlah nama.


Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, angkat bicara. Ia menyatakan bahwa Jokowi saat ini masih fokus menyelesaikan agenda pemerintahan hingga Oktober 2024.

"Presiden Jokowi fokus bekerja untuk menuntaskan agenda pemerintahan dan pembangunan sampai akhir masa jabatan 20 Oktober 2024," kata Ari dalam keterangannya kepada wartawan, Senin, 25 Maret 2024, dikutip dari kumparan.

Ia menegaskan, pembentukan kabinet mendatang sepenuhnya kewenangan presiden terpilih.

"Pengangkatan menteri dalam kabinet mendatang sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden terpilih setelah dilantik 20 Oktober 2024," pungkasnya.