Bukan Disantet, Mantan Istri Ungkap Penyebab Kebutaan Kurnia Meiga

Kurnia-Meiga.jpg
(Foto: Helmi Fithriansyah / Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Kurnia Meiga kehilangan penglihatannya sejak 2017. Penyebabnya sempat dikait-kaitkan dengan hal mistis.

Tak sedikit yang menyebut mantan kiper nomor satu di Timnas Indonesia itu diguna-guna musuhnya, sehingga memunculkan rasa iba dari masyarakat.

Setelah bertahun-tahun, mantan istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir, akhirnya mengungkap penyebab sang mantan suami kehilangan penglihatan. Ia menyebut penyebabnya karena kebiasaan buruk Kurnia Meiga mengonsumsi minuman keras.

"Penyebab sakitnya itu alkohol, dokter udah bilang, bukan disantet," ungkap Azhiera Adzka Fathir di kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Minggu, 10 Maret 2024, dikutip dari Suara.com.

Sejak remaja, Kurnia Meiga sudah memiliki kebiasaan buruk itu. Tapi, ia berhasil menutupinya saat menikah dengan Azhiera Adzka Fathir.

"Meiga itu emang punya kebiasaan minum alkohol. Itu dari dia 18 tahun," kata Azhiera Adzka Fathir.

"Tapi karena selama pacaran itu cuma bentar terus dia ngajak nikah, aku nggak tahu kalau dia minum. Baru kebuka semua pas udah nikah," sambungnya.


Kebiasaan buruk Kurnia Meiga mengonsumi miras pun tak bisa dihentikan. Azhiera Adzka Fathir bahkan menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) saat berupaya menghentikan kebiasaan buruk Meiga.

"Pas lagi hamil anak kedua, aku dicekek, gara-gara aku larang minum. Pernah juga ditusuk garpu, gara-gara nggak aku kasih minum," kenang Azhiera Adzka Fathir.

Kurnia Meiga tidak berhenti mengonsumsi miras meski sudah sakit. Keluhan anak-anak tentang hal itu pun tidak ia gubris sama sekali.

"Anak aku tuh udah sampai bilang, 'Ayah, nggak apa-apa loh aku punya ayah buta. Tapi ayah berhenti minum dong'," kisah Azhiera Adzka Fathir dengan suara bergetar.

"Waktu itu anak aku yang pertama pernah nemuin minumnya Ega di kulkas, tapi malah dia yang diomelin," imbuhnya.

Pada 2022, kebiasaan buruk itu membuat Kurnia Meiga diusir dari rumah oleh sang mertua. Sejak saat itu, Meiga tak pernah kembali dan tidak pernah meminta maaf ke keluarga Azhiera Adzka Fathir.

"Jadi kalau ada yang ceritanya Meiga diusir karena udah nggak berpenghasilan, itu salah. Ega diusir karena ketahuan mabuk," ucap Azhiera Adzka Fathir.

Azhiera Adzka Fathir sendiri kemudian menggugat cerai Kurnia Meiga setelah proses persalinan anak ketiga mereka selesai di 2023. Gugatan terdaftar di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat dan diputus verstek karena Meiga selaku tergugat tidak pernah hadir sidang.