Nasib Prabowo di Bawaslu Usai Ucap "Goblok" saat Kampanye di Riau

Prabowo-di-Pekanbaru5.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menggunakan kata 'goblok' dalam kampanye di Riau, Selasa 9 Januari 2024. Hingga kini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) belum menerima laporan terkait hal ini.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, mengatakan pihaknya belum melakukan proses apapun terkait penggunaan kata 'goblok' yang diucapkan Prabowo dalam kampanye.

“Kami lihat nanti laporan hasil pengawasan apakah ada di pengawasan atau tidak,” kata Bagja di Kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jakarta Pusat, Jumat, 12 Januari 2024, dikutip dari Suara.com.

Namun menurut Bagja, kata 'goblok' yang diucapkan Prabowo saat kampanye dikategorikan sebagai pelanggaran pidana pemilu.

Sebab, larangan peserta pemilu menghina orang lain/peserta pemilu lain diatur dalam Pasal 280 (ayat) 1 huruf c Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), dengan konsekuensi pidana paling lama 2 tahun penjara dan denda maksimum Rp24 juta.


"Tentang menghina ya? Bisa dijerat (Pasal 280 UU Pemilu)," kata Rahmat.

Meski begitu, Bagja mengaku belum menerima temuan maupun laporan dugaan pelanggaran dari hasil pengawasan panitia pengawas pemilu (Panwaslu) dari lokasi Prabowo berpidato dan melontarkan kata tersebut.

Bagja berjanji pihaknya akan memeriksa kasus ini jika ada laporan masuk. Menurutnya, ahli bahasa akan dimintai pendapatnya untuk menilai hinaan yang disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Ya, jika ada laporan, kan. Panwas lapangan belum ada laporan ke kami," ujar Bagja.

Sebelumnya, Prabowo Subianto sempat mengungkit pernyataan capres nomor urut 1 Anies Baswedan soal kepemilikan lahannya dalam debat capres ketiga yang digelar Minggu 7 Januari 2024.

Anies beberapa kali mengkritik kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan mengungkit kembali data yang disebutkan Presiden Joko Widodo pada 2019 soal kepemilikan lahan Prabowo seluas 340 ribu hektar.

“Saudara-saudara, ada pula yang nyinggung-nyinggung, (saya) punya tanah berapa. Dia pintar atau goblok sih?” kata Prabowo dalam sambutan pada acara konsolidasi relawan se-Provinsi Riau di Gelanggang Olahraga (GOR) Remaja, Pekanbaru, Selasa lalu.