Ferdy Sambo Dituding Tak Pernah Tidur di Sel Lapas Salemba

Ferdy-Sambo12.jpg
(Suara.com/Arga)

RIAU ONLINE - Ferdy Sambo dituding tidak pernah tidur di dalam sel tahanan Lapas Salemba. Hal ini disampaikan advokat Alvin Lim yang juga pernah ditahan di Lapas Salemba, dalam podcast bersama Richard Lee.

Dalam podcast berjudul 'ALVIN LIM MAFIA ASURANSI?? ALVIN BONGKAR SEMUA DISINI!!' yang diunggah di YouTube pada Rabu 3 Januari 2024 itu, Alvin Li mengungkap soal mafia di dalam lapas tersebut.

"Saya kasih tahu bapak satu hal deh ya, di situ yang menarik pak. Sambo bilangnya di lapas salemba kan, dia tidak pernah ditahan di lapas salemba pak, namanya aja di situ. Saya kan, di Lapas Salemba pak. Saya ini di lapas salemba bebas pak. Mohon maaf, saya sama edward dan sama yang tipikor lain bebas, mau jalan-jalan ke mana, mau sampai ke kantor depan, kantor 1, kantor 2, kantor 3, enggak ada yang berani negor kami pak. itu si sambo itu tidak pernah tidur di dalam penjara pak, di Lapas Salemba," ungkap Alvin Lim dalam podcast tersebut, sebagaimana dikutip dari kumparan, Kamis 4 Januari 2024.

"Jadi dimana?" tanya Richard Lee kepada Alvin Lim.

"Di kantor KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan) di atas, gedung ruang ada AC, namanya doang di situ. Eliezer cuma datang nama doang di situ habis foto foto foto dikirim lagi balik ke Mabes, kagak ada di situ Pak, cuma biar dapat namanya aja, role-nya aja di situ. Saya tahu semua Pak," kata Alvin Lim.

Richard Lee bahkan mengaku takut dengan apa yang diungkap Alvin Lim tersebut di podcast-nya.

Alvin Lim menegaskan bahwa hal ini benar adanya. Bahkan ia menyebut ada banyak saksi untuk hal yang ia sampaikan ini.


"Itu kenyataannya cuma satu hari doang di situ, saksinya banyak pak, kriminal-kriminal lain sebagai saksinya banyak. Ya itu urusan mereka lah," ujarnya.

Tudingan ini lantas dibantah pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis. Menurut Arman, Sambo saat ini masih berada dalam sel Lapas Salemba menjalani penahanan sesuai aturan yang berlaku.

"Perlu kami sampaikan, klien kami bapak Ferdy Sambo pada saat berada di Lapas Salemba sebelum ditempatkan di Lapas Cibinong, menempati ruang tahanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Arman.

Arman menyebut saat ini penahanan Sambo sudah dipindahkan ke Lapas Cibinong dan menjalani hukumannya di sana.

"Saat ini sedang menjalankan hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan Cibinong dan kepatuhan terhadap hukum ini sudah ditunjukkan sejak awal oleh klien kami termasuk pada pelaksanaan putusan sejak berkekuatan hukum tetap," ucapnya.

Dia pun meminta kepada pihak-pihak lain untuk tidak menggiring nama Sambo untuk hal yang tidak terkait dengan proses hukum. Apalagi dengan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Apabila masih ada yang menggiring nama klien kami dengan berita yang tidak benar maka kami akan menempuh proses hukum terhadap pihak-pihak tersebut," ungkapnya.

Ferdy Sambo dipindahkan ke Lapas Cibinong sejak 29 Agustus 2023 lalu. Hingga berita ini dimuat, belum ada keterangan dari pihak Ditjen PAS terkait dengan tudingan Alvin Lim tersebut.

Sambo dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan tingkat pertama hingga banding. Dia dinilai terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap ajudannya Yosua.

Namun pada pengadilan tingkat kasasi, hukuman Sambo dianulir menjadi hukuman penjara seumur hidup.