Wali Nagari di Lima Puluh Kota Mundur Usai Tak Sengaja Kirim Foto Mesumnya di Grup WA

Yosrizal-eks-wali-nagari-guguak.jpg
(Instagram@tukangsenter_reborn via kumparan)

RIAU ONLINE - Wali Nagari atau Kepala Desa Guguak VIII Koto, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Yosrizal, resmi mengundurkan diri setelah foto mesumnya beredar.

Yosrizal mundur dari jabatannya setelah tidak sengaja membagikan foto tak senonoh bersama seorang perempuan yang diduga selingkuhannya ke grup WhatsApp (WA).

Awalnya, Yosrizal hanya ingin mengirim foto kegiatan bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi, namun yang terkirim malah foto mesumnya.

Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, membenarkan pengunduran diri Yosrizal. Ia bahkan telah menunjuk pelaksana tugas (Plt) Wali Nagari Guguak VIII Koto untuk mengisi jabatan itu.

“Sudah mengundurkan diri. Kami berhentikan dan telah diganti. Hari ini sudah ditunjuk Plt,” kata Safaruddin, dikutip dari kumparan, Jumat 29 Desember 2023.


Safaruddin menyebut Yosrizal berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemerintah kabupaten akan menindaklanjuti kesalahannya dengan pemeriksaan.

“Ada mekanisme (pemeriksaan) ke Inspektorat dan lainnya. (Karena) yang bersangkutan ASN,” imbuhnya.

Safaruddin mengaku geram dengan tindakan Yosrizal ini. Apalagi yang bersangkutan merupakan seorang wali nagari, seharusnya menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

“Itu amoral, agama kita sudah melarang tindak seperti itu (asusila). Perbuatan salah. Selaku pimpinan diharapkan tidak melakukan kesalahan-kesalahan, apalagi kesalahan fatal,” tegasnya.

Sebelumnya, Yosrizal didemo warganya pada Kamis 28 Desember kemarin. Buntuk dari beredarnya foto mesumnya itu, warga pun berbondong-bondong mendatangi Kantor Wali Nagari Guguak VIII Koto.

Massa membawa berbagai spanduk. Salah satu spanduk itu bertuliskan “pemimpin minus moral”.

Yosrizal akhirnya didesak untuk mundur dari jabatannya sebagai Wali Nagari Guguak VIII Koto.