Bawaslu Kirim Surat Cinta untuk Prabowo-Gibran, Begini Isinya

prabowo-dan-Gibran8.jpg
([Dok. Tiim Gerindra])

RIAU ONLINE - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memberikan surat imbauan untuk peserta Pemilu 2024, Prabowo-Gibran. Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty, mengatakan "surat cinta" tersebut berkaitan dengan dukungan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terhadap pasangan capres-cawapres nomor urut 2 tersebut.

“Peserta pemilunya sejauh ini kami selalu berikan surat imbauan untuk memastikan prosesnya tidak berulang,” kata Lolly kepada wartawan, Senin, 18 Desember 2023, dikutip dari Suara.com.

Meski begitu, tidak ada panggilan dari Bawaslu untuk Gibran yang menghadiri Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023. Pasalnya, laporan tersebut dinilai tidak memenuhi syarat formil dan materiil.

“Kalau sejauh ini, laporan yang masuk ke Bawaslu memang kami harus nyatakan tidak terpenuhi syarat formil materil,” ujar Lolly.

Sebelumnya, Bawaslu DKI Jakarta menyatakan Apdesi melakukan pelanggaran lantaran diduga mendukung Prabowo-Gibran dalam Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023.


Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu DKI Jakarta Reki Putera Jaya menjelaskan para pihak dalam acara tersebut melanggar undang-undang tentang desa.

“Berdasarkan hasil kajian terhadap bukti-bukti serta kesimpulan yang didapat, kami menyatakan kepada pihak-pihak yaitu para kepala desa dan para perangkat desa yang hadir pada kegiatan tersebut telah terbukti melanggar pasal 29 huruf b dan pasal 51 huruf b undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” tutur Reki dalam keterangannya.

Untuk itu, Bawaslu DKI Jakarta memberikan rekomendasi kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menindaklanjuti pelanggaran tersebut.

Calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka sebelumnya memang menghadiri silaturahmi organisasi Nasional Desa di Arena GBK Jakarta Pusat pada Minggu, 19 November 2023.

Organisasi Nasional Desa Bersatu beranggotakan 8 organisasi perangkat desa. Dalam acara itu, mereka menyampaikan dukungan untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Adapun Desa Bersatu terdiri dari Apdesi, Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Indonesia (DPN PPDI), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS), Asosiasi Kepala Desa Indonesia (DPP AKSI).

Selain itu, juga ada Komunitas Purnabakti Kepala Desa Seluruh Indonesia (KOMPAKDESI). Kelompok ini juga terdiri dari Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI), Persatuan Perangkat Desa Indonesia (DPP PPDI), dan Persatuan Masyarakat Desa Nusantara.