Sah, Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian Gantikan Syahrul Yasin Limpo

Pelantikan-Amran-jadi-Mentan.jpg
(Foto: Youtube/Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Andi Amran Sulaiman sah menjadi Menteri Pertanian (Mentan) setelah resmi dilantik Presiden Jokowi, Rabu 25 Oktober 2023.

Ia dilantik menggantikan Syahrul Yasin Limpo sesuai Keppres tersebut Keppres Nomor 101b tentang pengangkatan Mentan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

"Mengangkat Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian untuk sisa masa jabatan 2019-2024," kata Deputi Administrasi Setneg Nani Purwati, dikutip dari kumparan.

Setelah pembacaan Keppres, Jokowi melantik Amran. Jokowi membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti Amran.


"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Amran mengikuti Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut Amran.

Amran kemudian menandatangani Berita Acara Pelantikan. Setelah itu, acara pelantikan ditutup dengan Lagu Indonesia Raya.

Andi Amran untuk kedua kalinya menduduki posisi Mentan di Kabinet Jokowi setelah periode 2014-2019.

Kali ini, Amran menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mengundurkan diri karena ingin menghadapi masalah hukum di KPK. SYL kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi di KPK.