Prabowo-Gibran Bakal Dideklarasikan Besok

Prabowo-dan-Gibran2.jpg
((Instagram/prabowo))

RIAU ONLINE - Koalisi Indonesia Maju (KIM) hingga kini belum mendeklarasikan cawapres untuk Prabowo Subianto, bahkan saat dua pasangan lainnya sudah mendaftar di KPU. Menurut informasi yang dilansir dari kumparan pada Minggu, 22 Oktober 2023, Prabowo sudah memutuskan akan menggandeng Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Sumber tersebut merupakan orang terkedat Prabowo. Ia menyebut deklarasi Prabowo-Gibran akan digelar pada Senin, 23 Oktober besok di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Namun, belum disebutkan jadwal dekralasi akan dilakukan.

"Deklarasi ini akan melibatkan massa dari parpol koalisi KIM," kata sumber tersebut.

Gibran bakal menjadi cawapres termuda dengan usia 35 tahun jika dideklarasi. Ia kemudian bisa berkompetisi di Pilpres 2024 setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan terkait penambahan frasa dalam aturan batas usia capres-cawapres.


Sebelumnya, kandidat capres-cawapres harus sudah berusia 40 tahun atau lebih. Namun sekarang, setelah putusan MK, siapa pun yang berusia di bawah 40 tahun tetap bisa mendaftarkan diri di pilpres asalkan pernah atau sedang menjabat sebagai kepala daerah.

Gibran yang sebelumnya kader PDIP dikabarkan sudah berpamitan ke pimpinan PDIP pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Meski kabar ini belum dikonfirmasi PDPI, namun di hari yang sama Golkar mendeklarasikan Gibran sebagai cawapres Prabowo. Gibran hadir, bahkan menyambangi para pendukungnya sebagai cawapres di Tugu Proklamasi.

Sementara belum diketahui jadwal Prabowo akan mendaftar ke KPU. Tapi ia masih punya waktu hingga tiga hari ke depan, atau hingga masa pendaftaran capres-cawapres ditutup pada 25 Oktober 2023.