Ganjar Izin ke Riau, LAM Riau Bakal Anugerahi Gelar Kehormatan Keluarga

Ganjar-mencicipi-sirih-di-tepak.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE - Ganjar Pranowo, bakal calon presiden yang diusung PDIP bertemu dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 7 Oktober 2023 malam.

Ganjar bertemu dengan LAM Riau untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan hajatnya yang hendak berkunjung ke Riau.

Adapun perwakilan LAM Riau yang bertemu dengan Ganjar yakni Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (Ketum MKA LAM Riau) Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf, Ketua Umum DPH LAM Riau Datuk Seri H. Taufik Ikram Jamil, Sekum LAM Riau Datuk Jonnaidi Dasa.

Ganjar pun mencicipi sirih yang disodorkan Perwakilan LAM Riau menggunakan Tepak Sirih Melayu. Tepak Sirih Melayu merupakan benda budaya yang sudah lama menjadi bagian dari adat suku Melayu Riau. Tepak sirih digambarkan sebagai suatu kelengkapan yang selalu hadir dalam upacara adat, kalangan adat, bahkan hingga di acara pemerintahan maupun masyarakat umum.

Tepak sirih bahkan menjadi ikon yang menonjol di Bumi Lancang Kuning. Isi dari tepak meliputi daun sirih, gambir, tembakau, pinang, cengkeh, kapur, dan kacip.

Sebaliknya, keluarga Ganjar pun memberikan tepak sirih kepada LAM Riau. Para pengurus LAM Riau yang hadir juga memakan sirih yang dihidangkan Ganjar.

Pada pertemuan itu, Ganjar menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Riau. Untuk itu Ganjar bertemu LAM Riau agar dapat meminta izin menginjakkan kaki di Tanah Melayu Riau.


LAM Riau sangat menyambut baik keinginan Ganjar. Bahkan, LAM Riau akan menobatkan Ganjar sebagai keluarga melalui proses upacara adat melayu.

“Ya kami mendapatkan undangan sebenarnya ke Riau dan hari ini kami semacam dinobatkan menjadi keluarga sama adat Melayu dan tadi ada satu upacara kecil, kami diwakili oleh saudara-saudara kami dari Riau tapi tinggal di Jawa, sehingga kami bisa mengikuti proses dengan baik,” kata Ganjar usai bertemu LAM Riau seperti dikutip dari siaran pers diterima, Minggu, 8 Oktober 2023, dikutip dari Liputan6.com.

LAM Riau bakal menganugerahi gelar kehormatan keluarga melalui prosesi penyematan gelar Tepuk Tepung Tawar. Satu di antaranya prosesinya yakni Meminang Tepung Tawar.

Ganjar pun diberikan seperangkat alat baju melayu oleh LAM Riau. Baju tersebut langsung dikenakan oleh Ganjar saat pertemuan pada hari ini.

Ganjar berujar dirinya merasa terhormat karena LAM Riau siap menyambut dan menjadikannya keluarga melalui proses upacara. Ia pun berjanji akan segera menjadwalkan kunjungan ke Riau.

“Dan Insyallah kita sedang menjadwalkan kunjungan ke sana dengan upacara yang disebut lebih besar atau sesungguhnya,” ucap Ganjar.

Ganjar mengaku bahwa Riau bukan provinsi yang baru baginya. Dia menyebut memiliki saudara yang tinggal di Riau.

Bahkan kata Ganajr, ia sering mengenakan pakaian adat Melayu Riau saat beraktivitas sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Saya surprise aja karena tadi disampaikan ada foto yang ditunjukkan ke saya pake baju Melayu pada saat vaksin. Saya sendiri surprise karena beliau memperhatikan itu,” jelas Ganjar.

“Dan memang saya sangat senang budaya Indonesia. Waktu menjadi Gubernur setiap Kamis minggu ke-4 anak-anak pegawai Pemprov pakai baju adat nusantara,” imbuhnya.