Gerindra dan PDIP "Rebutan" PSI Usai Kaesang Naik Tahta Jadi Ketum

Kaesang-Pangarep19.jpg
([Suara.com/Alfian Winanto])

RIAU ONLINE - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, resmi menetapkan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum (Ketum) DPP PSI periode 2023-2028. PSI pun kini menjadi rebutan Partai Gerindra dan PDIP.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, memberi selamat kepada Kaesang atas keanggotaannya di PSI dan atas penunjukannya sebagai Ketua Umum. Ia berharap Kaesang bisa membawa PSI untuk mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden.

Dengan bergabungnya Kaesang ke PSI, menurutnya, PSI bisa saja secara konkret dan resmi memberikan dukungan untuk Prabowo sebagai capres 2024. Apalagi, kata dia, Kaesang memiliki kedekatan dengan Prabowo, bahkan sampai memiliki baju bergambar Prabowo.

Menurutnya, Prabowo secara prinsip senang jika ada muda berprestasi yang ingin menjadi politikus atau pejuang politik.

Habiburokhman menilai menjadi politikus berarti memiliki idealisme dan cita-cita untuk melakukan hal-hal baik demi kepentingan masyarakat luas, serta bersedia mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya untuk kepentingan banyak orang. Karena itu, dia senang melihat anak muda seperti Kaesang bersedia terjun ke dunia politik.


Namun, ia menegaskan bahwa kehadiran Kaesang di PSI tidak menunjukkan adanya politik dinasti. Dia menyebutkan bahwa banyak anggota keluarga Jokowi yang terlibat dalam politik, seperti Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution, dan terbaru, Kaesang sendiri. Habiburokhman menekankan bahwa hal ini bukan sesuatu yang negatif, bahkan sangat positif.

Bukan cuma Gerindra, PDIP juga berharap PSI memberikan dukungan untuk calon presiden yang diusungnya, Ganjar Pranowo. Bahkan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengajak untuk mendukung Ganjar usai Kaesang resmi ditunjuk sebagai Ketum PSI.

"Kami akan selalu bersilaturahmi, namun memang setiap partai memiliki strategi sendiri dalam merangkul dan memenangkan calon presidennya. Jadi, mari Mas Kaesang bergabung dengan PDI Perjuangan," kata Puan setelah menghadiri acara Rakernas Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Jakarta Selatan, dikutip dari Suara.com, Rabu, 27 September 2023.

Puan juga turut memberikan selamat untuk Kaesang. Ia berharap Kaesang dapat menjalankan amanah dengan baik sebagai Ketum PSI.

"Saya ucapkan selamat untuk Mas Kaesang, telah menjadi Ketua Umum PSI. Semoga beliau dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai ketua umum," ujar Puan.