Jokowi Sudah Tak Nyaman di PDIP Disebut Jadi Alasan Kaesang Gabung PSI

Kaesang-Pangarep15.jpg
((Suarasurakarta.id/Ari Welianto))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) Selamat Gintinger mengatakan bergabungnya Kaesang Pangarep ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak terlepas dari sosok sang ayah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Selamat mengataan Jokowi sudah tidak nyaman di PDIP.

"Kaesang ke PSI merupakan sikap politik Jokowi jelang lengser dari kursi presiden. Mungkin Jokowi merasa tidak nyaman berada di PDIP," kata Selamat dikutip Senin (25/9/2023).

Ketika lengser, Jokowi tetap akan menjadi petugas partai. Sebabnya, PDIP masih dikuasai oleh sang ketua umum Megawati Soekarnoputri.

Oleh sebab itu, Jokowi dianggap Selamat tengah mencari partai untuk menjadi tempat berlabuh.

Posisi Jokowi saat ini dinilainya berbeda dengan Megawati dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keduanya masih memiliki kendali kekuasaan di partai karena menjabat sebagai ketua umum.

"PDIP masih dikuasai Mega, Jokowi perlu sebuah partai jadi tempat berlabuh usai lengser," ujarnya.


Singkatnya, Jokowi terlihat tengah mencari kendaraan politik usai lengser dari kursi presiden.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep akhirnya resmi jadi kader Partai Solidaritas Indonesia. Sejumlah petinggi DPP PSI, Sabtu (23/9/2023) hari ini berada d kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jalan Kutai Utara Nomor 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Kedatangan pimpinan PSI ini disebut-sebut untuk menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada Kaesang Pangarep.

Dikutip Suara.com dari Suarasurakarta.id, Kaesang bersama istri, Erina S Gudono baru saja tiba di Solo dari Jakarta sekitar pukul 11.30 WIB.

Tampak Ketua Umum PSI Giring Ganesha bersama jajaran DPP PSI tiba di kediaman Sumber sekitar pukul 12.00 WIB dan langsung masuk.

Tampak pula Sekjen PSI Isyana Bagus Oka, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, dan Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Geovani.

"Ada lima orang dari DPP PSI yang datang termasuk Ketua Umum PSI Giring Ganesha. Lima orang daftar ini yang yang kami terima," ujar Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yogo Prabowo saat ditemui, Sabtu (23/9/2023).

Hanya saja, Yogo masih menutup maksud dan tujuan kedatangan petinggi DPP PSI bertemu Kaesang di kediaman pribadi Jokowi.

"Saya nunggu ya. Biar surprise nanti saja setelah masuk," katanya dikutip dari suara.com