Pulang dari London, Surya Paloh Bakal Temui Puan Maharani, Soal Pilpres?

Surya-Paloh-dan-Puan.jpg
(Dok Partai NasDem)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Setelah mendapat kunjungan dari Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dikabarkan akan melakukan kunjungan balik ke PIDP. Namun pertemuan itu tidak dilakukan dalam waktu dekat.

Hal itu dikonfirmasi Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni. Sahroni membenarkan adanya rencana pertemuan, namun belum ada penentuan jadwal.

Ia berujar dalam waktu dekat ini Paloh bakal lawatan ke London. Kunjungan ke luar negeri itu dilakukan hingga 22 September 2023.

"Belum, belum, ada tapi belum ada jadwal yang tepat. Kan hari Senin babeh (Paloh) gua udah cabut, eh tanggal 3, sorry," kata Sahroni di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Sahroni mengatakan antara Paloh dan Puan sudah sering berkomunikasi. Terlebih setelah Puan melakukan kunjungan ke NasDem Tower.

"Sudah sering lah komunikasi, kan waktu itu Mba Puan ke kantor kan setelah itu komunikasi baik," kata Sahroni.

Menurut Sahroni, kemungkinan pertemuan antara Paloh dan Puan itu terlaksana usai Paloh kembali ke Tanah Air sepulangnya dari London.

"Iya setelah pulang kemungkinan iya bisa kali, kalau sekarang belum ada," ujar Sahroni.


Puan Kunjungi NasDem Tower

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya menyebut partainya tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan PDIP di Pilpres 2024. Menurutnya, NasDem tak miliki masalah apa pun dengan partai-partai lain.

Hal itu disampaikan Willy terkait kedatangan Ketua DPP PDIP Puan Maharani ke NasDem Tower untuk menemui Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, Senin (22/8/2022).

"Tidak tertutup kemungkinan. NasDem tidak punya handicap dengan partai manapun," ucap Willy.

Ia menegaskan, NasDem tidak memiliki masalah apa pun dengan partai-partai lain untuk berkoalisi. Sejauh apabila kesepakatan dan kesepahaman yang dibangun dalam koalisi nanti harus dibentuk secara bersama-sama.

"Nah, itu yang kemudian menjadi sebuah keputisan kolektif yang sudah kami lalui, jadi pertemuan ini baik, sangat baik sekali, kalau mau produktif sangat produktif sekali karena apa? Karena bagaimana proses membangun narasi kebangsaan narasi kebersamaan, di antara dua poros besar ini yang sama-sama garisnya nasionalis," paparnya.

Sementara itu, Willy juga menyampaikan dalam penjajakan koalisi, NasDem masih terus melakukan komunikasi juga dengan parpol lain.

Menurutnya, di akhir tahun nanti baru ada keputusan NasDem akan berkoalisi dengan partai politik mana.

"Jalan terus, Nasdem. Bahkan dengan Gerindra juga jalan, dengan PKB jalan. Demokrat, PKS jalan. Semua kami jalani, dan insya Allah akhir tahun lah kita lihat, bagaimana nanti ada keputusan, sudah ada kejelasan, kalau ibaratnya itu sudah ada kepastian capres dan koalisi pengusung," imbuh dia.

Untuk diketahui, Ketua DPP PDIP Puan Maharani secara resmi mendatangi Kantor DPP Partai NasDem atau NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/8/2022) untuk melakukan pertemuan dengan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh.

Berdasarkan pantauan Suara.com di lokasi, Puan tiba di NasDem Tower pada pukul 11.00 WIB. Ia tampak pakaian serba hitam dengan masker berwarna khas PDIP yakni merah.

Kedatangan Puan didampingi oleh jajaran petinggi PDIP seperti Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto, serta politisi PDIP lainnya Alex Indra Lukman, hingga Charles Honoris.

Adapun dari pihak NasDem yang melakukan penyambutan yakni Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali, Wakil Ketua DPR RI fraksi NasDem, Rahmat Gobel, Wakil Ketua MPR RI fraksi NasDem Lestari Moerdijat hingga Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya.

Usai disambut, Puan langsung memasuki Gedung NasDem Tower untuk langsung menemui Surya Paloh di ruangannya. Puan terlihat menyempatkan diri menyapa awak media dengan melambaikan tangan dan tersenyum dikutip dari suara.com