Praka RM dan Dua Prajurit TNI Siksa Pemuda Aceh hingga Tewas, Ini Identitasnya

Ilustrasi-anggota-TNI-AD1.jpg
(Foto: ANTARA FOTO/Rahmad)

RIAU ONLINE - Anggota Paspampres Praka RM melakukan penculikan dan penyiksaan terhadap seorang pemuda asal Aceh, Imam Masyukur (25), hingga tewas. Praka RM tidak sendiri, ia bersama dua prajurit TNI lainnya yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Komandan Pamdam Jaya Kolonel Cpm Irsyad Hamdie Bey Anwar, mengungkap identitas dua prajurit TNI yang juga terlibat bersama Praka RM melakukan penyiksaan yang menewaskan Imam Masykur.

Irsyad menyebut kedua prajurit TNI tersebut berpangkat Praka seperti RM. Keduanya yakni Praka HS dan Praka J.

"Praka HS dan Praka J," kata Irsyad kepada wartawan, dikutip dari Suara.com, Selasa, 29 Agustus 2023.

Ia mengungkap bahwa Praka HS bertugas di Direktorat Topografi TNI AD. Sedangkan Praja J selama ini dinas di Kodam Iskandar Muda.

"J dari Kodam IM yang sedang BP di Jakarta,” kata Irsyad.


Pomda Jaya telah menetapkan tiga prajurit TNI sebagai tersangka kasus dugaan penculikan dan penganiayaan yang menewaskan pemuda asal Kabupaten Bireun, Aceh, Imam Masykur. Satu orang tersangka merupakan anggota Paspampres, Praka RM.

"Tersangkanya yang sudah diamankan tiga orang," kata Irsyad, Senin, 28 Agustus 2023.

"TNI semua ketiganya. Satu yang dari Paspampres yang lain bukan," imbuhnya.

Belakangan terungkap, Praka RM dan dua prajurit TNI lainnya sempat menyamar sebagai anggota kepolisian saat menculik Imam Masykur.

"Jadi motif ini mereka berpura-pura jadi aparat polisi," kata Irsyad.

Imam Masykur merupakan pedagang obat ilegal. Irsyad mengatakan ketiganya berpura-pura menjadi polisi untuk mengancam korban menyerahkan sejumlah uang agar tidak diseret ke jalur hukum.

Namun pada akhirnya, ketiga pelaku justru menganiaya Imam hingga tewas.

"Kemudian diminta uang tebusan kalau misalnya nggak diberikan uang tebusan orang ini akan ditangkap gitu motifnya," jelas Irsyad.