Kaesang Dapat Sepeda karena Pakai Baju Minahasa, Ini 5 Fakta Baju Kawasaran

Kaesang-Pangarep13.jpg
(Instagram)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan sang istri, Erina Gudono mendapatkan sepeda karena berhasil mencuri perhatian publik lantaran memakai baju adat khas Minahasa dalam upacara Kemerdekaan RI ke-78 di Istana.

Diketahui, baju adat itu disebut sebagai baju Kawasaran. Untuk tahu lebih banyak, simak fakta menarik baju Kawasaran berikut ini.

Melansir dari Instagram resminya, Erina Gudono menjelaskan secara detail tentang asal usul dari baju Kawasaran ini. Kawasaran merupakan tradisi yang dikenalkan oleh leluhur Suku Minahasa, Sulawesi Utara dan tarian Ksatria Minahasa yang disebut dengan Waraney. Lebih lanjut, Kawasaran disebut sering dilakukan sebagai bentuk ritual dari masyarakat Minahasa.

Kawasaran berasal dari kata wasar yang memiliki arti ayam jantan aduan yang sengaja dipotong jenggernya supaya lebih terlihat galak ketika diadu. Maka tak heran, jika para penari dari Kabasaran atau Kawasaran akan bergerak layaknya dua ekor ayam yang bertarung.

Disebutkan bahwa, kostum untuk Kawasan yang dipakai saat ini memiliki arti yang sama seperti leluhu di masa lalu, yaitu menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, dan juga pelindung kehidupan.

Fakta Menarik Baju Kawasaran

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari baju adat Kawasaran:


1. Baju Kawasaran memiliki tiga simbol penting

Sebagaimana diketahui, baju Kawasaran yang dipakai Kaesang dan Erina memiliki tiga makna simbol yang penting. Pertama, adanya gegenang (ingatan).


Hal ini disimbolisasikan dengan porong yang berada pada bagian kepala, yang menggunakan bulu ayam jago serta kepala burung uak. Adapun maknanya yaitu melakukan kebaikan.

Kedua, pemenden (perasaan) disimbolisasikan dengan sebuah benda bernama "karai". Berasal dari kulit kayu dan kalung, baik itu kelana ataupun manik-manik.

Biasanya aksesoris ini berasal dari taring babi rusa, atau kalung perunggu. Maknanya yakni sebagai manusia seharusnya selalu menimbang apapun dengan perasaan akan tetapu jangan terlalu berlebihan.

Ketiga, adanya keketez (kekuatan) disimbolkan dengan ikatan-ikatan di tangan, kaki dan juga pinggang. Ikatan tersebut sebelumnya sudah didoakan ke Sang Khalik, dan diyakini bisa memberi kekuatan.

2. Dilengkapi dengan aksesoris yang unik

Sebegaimana disebutkan di atas penggunaan baju Kawasan biasanya akan dilengkapi dengan aksesoris. Adapun aksesoris ini antara lain yaitu kalung dan bandul tengkorak monyet atau yaki yang akan dikaitkan di bagian tertentu, ada pula kalung yang berasal dari buah rurundu.

Pada baju kawasaran, ada pula yang menyertakan taring babi hutan atau taring rusa bahkan tengkoraknya. Benda-benda tersebut biasa digunakan sebagai hiasan tambahan yang melengkapi berbagai aksesoris di setiap kostum kawasaran yang akan digunakan.

3. Terbuat dari kulit kayu

Kulit kayu adalag salah satu bahan alam yang dulu kerap digunakan oleh masyarakat Minahasa untuk dijadikan sebagai bahan dasar pakaian orang Minahasa termasuk kostum kawasaran. Namun seiring dengan perkembangnya zaman, baju Kawasaran dikreasikan dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih ringan seperti kain tenun.

4. Dilengkapi dengan topi perang

Pada umumnya, pakaian adat Minahasa ini dilengkapi dengan paruh burung Taong dan bulu ayam jantan yang dipakai sebagau topi perang di dalam tarian Kawasaran.

Adapun topi tersebut menggambarkan dunia dewa untuk menggambarkan bahwa dunia ini hanyalah sementara. Topi ini digunakan sebagai pengingat untuk berbuat baik kepada sesama serta rela berkorban demi semua kepentingan orang banyak.

5. Didominasi warna merah

Sementara itu, warna baju adat Kawasaran didominasi oleh merah. Warna merah digunakan sebagai simbol kehidupan. Lantaran bukan hanya sekadar perang, akan terapi para leluhur juga memaknainya untuk mempertahankan kehidupan hingga disebut sebagai pelindung negeri dikutip dari suara.com

Nah itulah tadi ulasan mengenai fakta menarik baju Kawasaran, pakaian adat Minahasa yang dikenakan Kaesang dan Erina saat upacara proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat!