Innalillahi, Politisi Gerindra Desmond Junaidi Mahesa Meninggal Dunia

Desmond-Mahesa.jpg
(Dok. DPR via kumparan)

RIAU ONLINE - Partai Gerindra membawa kabar duka. Legislator DPR RI dari Fraksi Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa meninggal dunia di usia 57 tahun Sabtu, 24 Juni 2023, pagi.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia, Bapak Desmond Mahesa di RS Mayapada. Pada Sabtu, 24 Juni 2023," tulis Andre dan Dasco dalam pesan yang dikirimkan, dikutip dari kumparan.

Jenazah Desmond rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Al Azhar Kerawang. Sebelum dikebumikan, jenazahnya akan disemayamkan di rumah duka, Jalan Saco 1 Nomor 1, RT.1/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

RT.1/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.


Desmond lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 12 Desember 1965. Pria yang saat kecil dipanggil dengan nama Junaidi ini tumbuh besar di sebuah keluarga sederhana. Ayahnya, Muchtar, adalah seorang petani dan buruh kasar; sedangkan ibunya, Sa'diah, adalah pedagang telur.

Di tengah keterbatasan itu, Desmond meraih gelar sarjana dari Fakultas Hukum di Universitas Lambung Mangkurat (Unlam). Selanjutnya, Desmond pindah ke Pulau Jawa dan memulai kariernya di bidang hukum.

Desmond yang kritis bahkan pernah menjadi korban penculikan bersama sejumlah aktivis lainnya. Setelah bebas, ia kembali ke Jakarta dan membuka kantor hukum sendiri.

Pada 1 Oktober 2009, Desmond menjadi anggota DPR di Komisi III dan Badan Anggaran (Banggar) mewakili Kalimantan Timur. Di DPR, sikap kritisnya tak luntur. Salah satunya saat ia mempertanyakan legalitas Jaksa Agung Hendarman Supandji di rapat resmi Komisi III DPR