Menerka Tujuan Prabowo Bicara Empat Mata dengan SBY di Pacitan

Prabowo-dan-SBY3.jpg
((Tim Prabowo Subianto))

RIAU ONLINE, PACITAN-Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menemui Ketum Partai Demokrat sekaligus Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kampung halamannya di Pacitan.

Museum dan Galeri SBY-ANI yang berada di jalan lintas selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2023) menjadi lokasi pertemuan empat mata tersebut.

Adapun Prabowo bertemu dengan SBY usai usai mengunjungi Koramil 0801/01 Pacitan yang merupakan tugas dari Presiden Jokowi.

Kini, publik menerka-nerka ada apa di balik pertemuan Prabowo dengan sosok petinggi Demokrat itu. Sontak, dugaan adanya rencana koalisi juga muncul usai Prabowo melawat sang eks Presiden RI.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap bahwa pertemuan Prabowo dengan SBY beberapa hari yang lalu merupakan wujud dari silaturahmi yang telah lama direncanakan antara keduanya.

Muzani kala ditemui wartawan di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023) mengungkap sebenarnya Prabowo dan SBY sempat lama berencana bertemu tetapi urung menemukan momen yang tepat.

Hal ini juga senada dengan apa yang disampaikan Prabowo ke wartawan.


"(Setelah bertugas) Dari Koramil saya mampir ke Pak SBY. Saya menjenguk beliau (sekaligus) halalbihalal. Ini masih bulan Syawal, ya," ujar Prabowo kepada wartawan di Lanud Iswahjudi Pacitan, Sabtu (20/5/2023).

Momen tugas Prabowo ke Pacitan akhirnya dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan SBY.

Muzani membeberkan SBY dan Prabowo membahas soal topik ringan seperti soal Museum dan Galeri SBY-AN hingga membahas kondisi politik di masa lalu.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng melalui Instagram pribadinya juga membeberkan bahwa Prabowo dan SBY juga bernostalgia sembari membahas masa depan politik bangsa di pertemuan itu.

Adapun Andi sempat sebentar mendampingi SBY di momen tersebut sebelum sang eks Presiden RI tersebut menjalin percakapan pribadi dengan Prabowo.

"Selain bersilaturahmi dan bernostalgia, keduanya (Prabowo dan SBY) juga membicarakan masalah-masalah bangsa Indonesia ke depan," tulis Andi Mallarangeng melalui unggahan Instagramnya, @andi_a_mallarangeng, Sabtu (20/5/2023).

Usut punya usut, Prabowo dan SBY ternyata merupakan rekan lama sejak keduanya masih mengenyam pendidikan di Akademi Militer Magelang, sebagaimana yang diungkap oleh Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution.

Prabowo tanggapi isu koalisi

Prabowo juga sadar bahwa pertemuannya dengan SBY berdampak terhadap munculnya asumsi publik terkait kemungkinan koalisi.

Terkait isu koalisi tersbut Prabowo memberikan kode tersirat melalui akun media sosialnya yang hingga kini masih menjadi teka-teki besar.

"Soal capres kan sudah banyak dibahas oleh media. Koalisi (dengan Demokrat)? Jadi koalisi," tulis Prabowo tanpa meneruskan kalimatnya dikutip dari suara.com