Ukir Sejarah, Timnas Basket Putri RI Raih Emas Sempurna di SEA Games

Timnas-basket-putri-RI.jpg
(Perbasi via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Sejarah baru berhasil diukir timnas basket putri Indonesia di SEA Games 2023. Indonesia untuk pertama kalinya merebut emas di SEA Games. Dyah Lesteri dan kawan-kawan meraih emas sempurna di Kamboja.

Indonesia menghajar Singapura 86-39 di laga terakhir basket putri SEA Games yang berlangsung di Marodok Techno Stadium, Minggu, 14 Mei 2023 pagi WIB. Alhasil, Indonesia meraih gelar juara tanpa pernah kalah.

Dyah Lestari di liga terakhir melawan Singapura, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 15 poin. Di laga kontra Singapura ini, seluruh pemain timnas putri Indonesia berhasil mencetak poin.

Sementara, Kimberley Pierre Louis dan Peyton Alexis Whitted hanya bermain sebentar, lantaran Indonesia sudah unggul jauh. Kedua pemain naturalisasi ini turun pada 13 menit 55 detik. Peyton menghasilkan lima angka, sedangkan Kimberley menyumbangkan 13 poin.


Sebenarnya, Timnas basket putri Indonesia memang sudah dipastikan merebut emas setelah menang atas tuan rumah Kamboja dengan skor 100-54 pada Sabtu, 13 Mei 2023, kemarin.

Indonesia selalu menang di enam laga SEA Games. Dimulai dari Vietnam yang dihajar 67-62. Lalu Thailand ditekuk 70-69. Kemudian Malaysia yang dilumat 85-57. Filipina dikalahkan dengan skor 68-89.

Prestasi basket putri Indonesia memang terus melejit sejak SEA Games 2019. Saat itu di Filipina, Indonesia menyabet perunggu. Lalu naik menjadi perak pada 2021 di Vietnam. Dalam dua edisi SEA Games itu, medali emas diraih oleh Filipina.

Timnas basket putri Indonesia menorehkan prestasi terbaiknya pada SEA Games tahun ini, sebagaimana dilansir dari Liputan6.com.