Cucu Megawati Soekarnoputri, Pinka Hapsari Jadi Bacaleg PDIP

Pinka-Hapsari.jpg
(Instagram@pinkahaprani)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Nama Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari atau Pinka Hapsari didaftarkan sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pinka Hapsari adalah putri Ketua DPR RI Puan Maharani atau cucu Megawati Soekarnoputri.

PDIP pada Kamis (11/5/2023) ini telah menyerahkan 580 nama daftar bacaleg DPR RI ke KPU, di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Awalnya Hasto menjelaskan, bahwa 48 persen bacaleg PDIP adalah kalangan muda berusia 45 tahun ke bawah. Tak hanya putri Puan yang juga cucu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, nama anak muda lainnya dimasukkan sebagai bacaleg seperti Aryo Seno Bagaskara.

Ia mengatakan, Pinka Hapsari juga bagian dari kalangan muda yang masuk daftar bacaleg DPR RI karena sudah mengikuti pengkaderan.

Menurutnya, Pinka Hapsari sampai menginap tiga hari di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan bersama rekan separpol demi menjalani pengkaderan.


"Ada Mbak Pinka yang memang telah mengikuti proses kaderisasi, tinggal di Sekolah Partai selama tiga hari. Mereka yang telah mengikuti itu, dicalonkan, termasuk ada Aryo Seno Bagaskara, itu masih mahasiswa. Itu juga dicalonkan, itu satu angkatan pendidikan politik bersama dengan Mbak Pinka," kata Hasto.

Kendati begitu, Hasto tak membeberkan secara pasti nantinya putri Puan akan maju dalam daerah pilih mana.

Hasto menyampaikan, pihaknya dalam melakukan rekrutmen, mencari para calon yang bisa berasal dari mana pun. Menurutnya, keluarga menjadi salah satu lingkungan utama yang menjadi bagian dari pendidikan politik.

"Partai terus melakukan rekrutmen melalui proses pendidikan politik dan kaderisasi. Dan salah satu proses rekrutmen itu memang berasal dari keluarga. Itu suatu kultur yang terbangun tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Amerika Serikat, di Singapura, di Eropa, itu partai politik yang menjadi pilar demokrasi itu melakukan rekrutmen dari keluarga, meskipun kami juga membuka diri terhadap tokoh-tokoh yang mau bergabung," tuturnya.

"Buktinya tadi ada purnawirawan TNI-Polri, ada para akademisi, tokoh-tokoh budayawan dan seniman, termasuk anak-anak muda," sambungnya.

Adapun Hasto dalam kesempatan yang sama, menyampaikan, bahwa Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri selalu mendidik kader untuk mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dalam berpolitik.

Sementara itu, Puan Maharani sendiri yang menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR RI pada periode ini kembali akan dicalonkan sebagai anggota legislatif.

"Dengan kapasitas sebagai Ketua DPR yang memberikan dukungan terhadap seluruh yang berkaitan dengan pemilu, sehingga pemilu dapat dijalankan dengan baik, demokratis, dan tentu saja suasana kegembiraan rakyat dalam menyambut pemimpin yang baru, yang itu disiapkan oleh Ibu Ketua Umum Inu Megawati Soekarnoputri oleh PDIP dengan dukungan rakyat Indonesia. Jadi, Mbak Puan kembali dicalonkan," pungkasnya dikutip dari suara.com