Nama Ganjar Pranowo Santer Jadi Capres PAN, Wakilnya Erick Thohir

Ganjar-dan-Erick-Thohir.jpg
(HO-Dokumen Pribadi)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Nama Ganjar Pranowo santer sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024 di kalangan kader Partai Amanat Nasional. Hal itu dikatakan ketua Dewan Pakar DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Dradjad Wibowo.

Katanya, dukungan tersebut bisa saja hanya tinggal diformalkan lewat forum Rakernas PAN.

"Benar, perlu formalisasi, karena sesuai AD/ART PAN, keputusan capres-cawapres dibuat dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas)," kata Dradjad saat dihubungi, Selasa (2/4/2023).

Ia mengatakan, dalam faktanya memang di internal PAN sendiri suara yang berkembang pada saat Rapat Koordinasi PAN 26 Februari 2023 di Semarang, Jawa Tengah lalu, banyak kader yang menyuarakan mendukung Ganjar sebagai capres.

Tak hanya itu, para kader pemegang suara Rakernas PAN juga banyak yang mendukung nama Erick Thohir sebagai cawapresnya.

"Tapi secara realpolitik, jika melihat suara yang berkembang pada saat rapat koordinasi PAN 26 Februari 2023 di Semarang, banyak pemegang hak suara Rakernas PAN yang menggaungkan nama mas Ganjar sebagai Capres, dan nama mas Erick sebagai Cawapres," tuturnya.

"Memang ada yang condong ke nama lain, tapi dua nama itu yang paling banyak disebut," sambungnya.


Kendati begitu, kata dia, adanya aspirasi dukungan tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan untuk Ketum PAN Zulkifli Hasan. Nantinya pria yang akrab disapa Zulhas tersebut akan memutuskan siapa yang akan diusung lewat Rakernas PAN.

"Aspirasi tersebut tentu akan menjadi bahan pertimbangan bang Zulhas. Ketum juga akan mendiskusikan pengusungan capres-cawapres ini dengan unsur pimpinan PAN yang lain, termasuk antara lain bang Hatta, mas Tris dan saya," tuturnya.

"Tentu saja, sebagaimana sering disampaikan oleh Ketum dalam berbagai fora, beliau akan mendiskusikan juga dengan Presiden, para Ketum parpol yang lain, dan para stakeholders PAN," sambungnya.

Ganjar Harap Dukungan PAN

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo berharap PAM bisa mendukungnya sebagai bacapres di Pilpres 2024 mendatang.

Ia mengakui, jika kekinian PAN sebenarnya sudah menyatakan dukungan kepada dirinya, namun baru sebatas informal saja. Ganjar berharap dukungan PAN tersebut bisa lantas segera diformalkan.

"Mudah-mudahan setelah ini (dukungan PAN) bisa diformalkan. Layaknya ketika PSI menyampaikan itu dan belum diformalakan atau Hanura menyampaikan itu belum diformalkan," kata Ganjar dalam acara Political Show yang disiarkan CNN Indonesia, dikutip Selasa, (2/5/2023).

Selain itu, Ganjar mencontohkan apa yang dilakukab oleh PPP. Dimana dukungan terhadapnya muncul dari PPP wilayah Yogyakarta, kemudian bisa diformalkan menjadi dukungan resmi.

"Mudah-mudahan ini menjadi satu contoh mekanisme kerja sama antar partai dalam bentuk yang lebih konkret, lebih jelas dan official," tuturnya.

Lebih lanjut, saat ditegaskan kembali apakah PAN sudah menyampaikan dukungan informal kepada dirinya, Ganjar hanya menjawab bahwa hal itu sudah banyak diberitakan oleh media dikutip dari suara.com