Sederet Bintang NBA Ini Bakal Main di Indonesia saat Piala Dunia FIBA

Piala-Dunia-FIBA.jpg
(FIBA.basketball)

RIAU ONLINE - Indonesia didapuk sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 bersama Filipina dan Jepang. Sederet bintang NBA akan meramaikan Jakarta pada 25 Agustus mendatang.

Setelah digelarnya drawing Piala Dunia FIBA di Filipina pada Sabtu, 29 April 2023, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk dua grup, yakni grup G dan H.

Grup G diisi juara bertahan Piala Dunia FIBA 2019 sekaligus juara FIBA EuroBasket 2022, yakni Spanyol. Spanyol akan ditemani Brasil, Iran dan Pantai Gading.

Di Grup H bercokol Kanada, Prancis, Latvia, dan Lebanon. Pada dua grup tersebut bertaburan nama-nama besar di olahraga basket dunia.

Pelatih Spanyol, Sergia Scariolo, kemungkinan akan mengandalkan kembali Ricky Rubio, point guard Cleveland Cavaliers yang menjadi MVP pada Piala Dunia FIBA 2019 lalu, sebagaimana dilansir dari kumparan, Minggu, 30 April 2023.


Tim peringkat pertama di FIBA World Ranking Men ini juga bakal diperkuat dua bersaudara Guillermo Gustavo "Willy" Hernangómez (New Orleans Pelicans) dan Juancho Hernangomez (Toronto Raptors). Sertra masih ada Usman Garuba (Houston Rockets) dan Santi Aldama (Grizzlies).

Brasil juga bukan tim sembarangan. Tim peringkat 13 di FIBA World Ranking Men ini merupakan dua kali juara dunia dan empat kali pemenang FIBA AmeriCup.

Brasil bahkan tak pernah absen berlaga di Piala Dunia FIBA. Tim ini akan mengandalkan Bruno Caboclo, power forward yang membela klub Jerman, Ratiopharm Ulm, tapi memiliki rekam jejak memperkuat Toronto Raptors, Sacramento King, Memphis Grizzlies, dan Houston Rockets.

Adapun Pantai Gading adalah dua kali juara FIBA AfroBasket. Sementara Iran adalah tim peringkat 22 di FIBA World Ranking Men sekaligus juara Asia tiga kali.

Sementara itu, Kanada punya barisan pemain yang mentas di NBA, yakni Shai Gilgeous-Alexander, RJ Barrett, Jamal Murray, Andrew Wiggins, Kelly Olynyk, Nick Alexander-Walker, Cory Joseph, Dwight Powell, Oshae Brissett, Dillon Brooks, Khem Birch, Lugentz Dort, Shaedon Sharpe, Bennedict Mathurin, Andrew Nembhard, dan Caleb Houstan.

Di lain sisi, Prancis punya frontcourt Evan Fournier, Nicolas Batum, dan Rudy Gobert. Masih ada Theo Maledon, Frank Ntilikina, Joel Embiid, dan pemain remaja yang digadang-gadang menjadi draft pick pertama NBA 2023, Victor Wembanyama.

Latvia yang menjadi debutan di World Cup 2023 akan mengandalkan center Washington Wizards, Kristaps Porzingis. Sementara Lebanon berstatus runner up FIBA Asia Cup 2022 akan diperkuat point guard Wael Arakji yang menjadi MVP pada ajang tersebut.