Takut Anies Jadi Presiden Jadi Alasan KIB dan KIR Hendak Melebur

Anies-Baswedan25.jpg
((Suara.com/Rakha))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Lawan politik Anies Baswedan dinilai mulai ketakutan melihat gelombang dukungan yang semakin besar terhadap Anies. Hal itu dilontarkan Pengamat politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

Jamiluddin Ritonga menilai ketakutan ini lah yang membuat tercetusnya wacana pembentukan Koalisi Besar yang terdiri atas Koalisi Indonesia Bersatu dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Kemenangan Anies Baswedan di Pilpres 2024 menjadi momok yang menakutkan.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab jika eks Gubernur DKI Jakarta itu menjadi orang nomor 1 di RI maka besar kemungkinan ia tidak akan melanjutkan pembangunan Presiden Jokowi saat ini.

"Hal ini memang sudah sering mereka dengungkan. Hal itu menunjukkan, mereka ini terkesan tidak siap dikoreksi," ujar Jamiluddin.


"Padahal, semua tahu, persoalan sosial ekonomi politik itu, sangat dinamis. Karena itu, yang dinilai baik hari ini, belum tentu juga baik pada lima tahun mendatang," imbuhnya.

Sikap tak ingin dikoreksi tersebut membuat mereka menilai pekerjaan yang dilakukan sudah yang terbaik.

Makanya mereka bersikeras ingin pemimpin selanjutnya bisa melanjutkan pekerjaan tersebut.

Salah satu 'jalan ninja' atau solusi untuk memecahkan ketakutan itu adalah dengan menghimpun kekuatan besar membentuk Koalisi Besar.

"Cara yang paling aman tentunya dengan memenangkan Pilpres 2024. Untuk itu, KIB dan KKIR harus bersatu agar dapat mengalahkan KPP (Koalisi Perubahan untuk Persatuan) dengan Anies sebagai capresnya," jelasnya.

Terbentuknya Koalisi Besar diyakini dapat menggerus suara Anies di Pilpres 2024 sehingga ia gagal memenangkan kontestasi lima tahunan tersebut.

"Mereka yakin, dengan Koalisi Besar akan dapat mengalahkan KPP. Kalkulasi ini tentu masih layak diperdebatkan," tukasnya dikutip dari suara.com