Bilang Warganet Babu dan Bacot, Segini Gaji Widy Heriyanto

Widy-Heriyanto.jpg
((Twitter/@wadawidy))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Nama Widy Heriyanto mendadak viral usai mencaci maki warganet dengan sebutan 'babu' dan banyak 'bacot'.

Widy Heriyanto adalah seorang pegawai Bea Cukai yang berkata kasar saat merespons komplain seorang developer game, Kris Antoni.  Pernyataan itu dia lontarkan melalui akun Twitter @/wadawidy.

Balasan kasar Widy Heriyanto jadi bulan-bulanan warganet. Bahkan setelah menyampaikan permintaan maaf, Widy Heriyanto menggembok akun Twitter miliknya.

Simak gaji dan tunjangan Widy Heriyanto yang songong menyebut warganet babu berikut ini.

Gaji pegawai bea cukai

Berdasarkan keterangan dalam akun LinkedIn, Widy hanya mencantumkan jabatannya sebagai Analis Senior di Direktorat Jenderal Bea Cukai. Ditjen Bea Cukai merupakan direktorat yang bertanggung jawab dan berkedudukan di bawah Menteri Keuangan (Kemenkeu).


Sementara itu besaran gaji PNS Bea Cukai diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, mengikuti gaji pokok PNS di seluruh Indonesia. Besaran gaji mereka ditentukan oleh masa kerja golongan (MKG).



Dalam aturan itu, golongan 1 PNS Bea Cukai mendapat gaji pokok terendah Rp Rp 1.560.800 dan tertinggi Rp 2.686.500. Sementara itu golongan 2 mendapat gaji terendah Rp 2.022.200 dan tertinggi Rp 3.820.000.

Kemudian ada golongan 3 yang mendapat gaji terendah Rp 2.579.400 dan tertinggi mencapai Rp 4.797.000. Terakhir, golongan 4 mendapat gaji terendah Rp 3.044.300 dan tertinggi sebesar Rp 5.901.200.

Tunjangan pegawai bea cukai

Selain gaji pokok, PNS Bea Cukai juga berhak mendapat tunjangan kinerja (tukin) yang telah diatur dalam Perpres Nomor 156 Tahun 2014. Tunjangan itu diberikan tiap bulan pada pegawai.

Tukin jabatan pegawai Bea Cukai dibagi dalam 27 kelas. Kelas jabatan 1 mendapat tukin sebesar Rp. 2.575.000,00 sedangkan kelas paling tinggi 27 mendapat tukin sebesar Rp. 46.950.000,00.

Kronologi Widy Heriyanto caci warganet babu

Kejadian bermula ketika seorang game developer bernama Kris Antoni, membagikan pengalaman buruknya ketika berurusan dengan petugas Bea Cukai. Pengalaman itu dibagikan melalui akun Twitter @kerissakti.

Kris menceritakan momen dirinya harus membayar pajak Bea Cukai demi bisa mengandil hadiah yang didapatnya dari menang lomba.

Tak disangka, cuitan Kris ditanggapi langsung oleh pegawai Bea Cukai, Widy, dengan kasar. Alih-alih memberikan penjelasan selaku pegawai cukai, Widy malah memberikan kata-kata kasar.

Widy menyebut Kris sebagai orang yang 'bacot', atau banyak bicara. Selain itu, ia meminta Kris untuk tidak asal bicara dan membaca dulu aturan mengenai impor.

Tak sampai di situ, Widy juga menanggapi balasan Kris dengan lebih kasar lagi, yakni menyebut 'babu'. Balasannya yang kasar membuat warganet semakin kesal dan menghujaninya dengan kecaman dikutip dari suara.com