Ada Artis Inisial P Diduga Terlibat Skandal Pencucian Uang hingga Rp 4,4 Triliun

uang-zakat.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Sekretaris Indonesian Audit Watch, Iskandar Sitorus, mengungkap adanya artis perempuan berinisial P yang terlibat skandal money laundry atau pencucian uang bernilai fantastis.

"Kami harapkan agar Mbak P, inisial P, tidak lagi meneruskan pola-pola demikian (pencucian uang) supaya tidak sukses orang-orang jahat ini mencuci uang hitamnya menjadi putih," kata Iskandar, dikutip dari Suara.com, Jumat, 23 Maret 2023.

Iskandar mengatakan pola keterlibatan artis dalam skema pencucian uang umumnya terjadi karena endorse bisnis para pelaku kejahatan tersebut.

"Mereka ini (pelaku pencucian uang) cenderung menggunakan para bintang atau public figure atau selebriti atau apapun namanya untuk mengendorse produk-produk mereka, mengendorse bisnis-bisnis yang selama ini dikategorikan meneruskan bisnis hitam untuk menjadi putih," tambahnya lagi.


Iskandar menyebut menurut data yang diterima diperoleh pihaknya, ada 100 persen saham sebuah perusahaan dimiliki oleh sebuah pemerintah provinsi.

Pihak bank dari daerah tersebut kemudian mengalirkan dana dengan nama biaya komisi. Dalam perjalanannya, dana itu dialokasikan menjadi lini-lini bisnis, mulai dari pusat kebugaran, pusat kecantikan, skincare, butik, hingga petshop yang nilainya mencapai Rp 4,4 triliun.

Dari sana, sejumlah sosok artis, termasuk P mendapat dana berupa endorse untuk 'mencuci' bisnis dari uang haram tersebut seolah-olah bersih.

"Kami berharap agar nama ini tidak bertambah tetapi kecenderungan mereka menggunakan pola mengendorse hal-hal yang buruk supaya menjadi baik di tengah-tengah publik," tambah Iskandar.