Jika Pemilu Ditunda, AHY: Khawatir Dunia Lihat Indonesia sebagai Banana Republik

AHY12.jpg
(Suara.com/Bagaskara)

RIAU ONLINE - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap kekhawatirannya jika Pemilu 2024 ditunda. AHY khawatir dunia akan melihat Indonesia sebagai "Banana Republik".

Banan republik merupakan sebuah istilah untuk negara kecil, negara yang biasanya sangat miskin, banyak korupsi, dan pemerintah mengatur negara dengan sangat buruk. Bahkan, bisa diartikan pulak sebagai negara miskin atau lemah dan bergantung pada aliran dana asing.

AHY awalnya menyampikan bahwa seluruh rakyat yang ditemui ketika safari menolak penundaan Pemilu 2024. Ia mengatakan, jika pemilu ditundak maka jabatan negara seperti presiden akan dijabat oleh Plt atau pelaksana tugas.

"Kalau di negara kita ada Plt presiden dan ribuan Plt wakil rakyat yang berkuasa dan berkerja selama 2 hingga 3 tahun betapa kacaunya chaosnya situasi nasional kita," kata AHY dalam pidato politik kebangsaannya di Tenis Indoor Senayata, Jakarta, dikutip dari Suara.com, Selasa 14 Maret 2023.


Sehingga, dirinya mengaku khawatir Indonesia di mata dunia akan dilihat sebagai Banana Republik.

"Saya khawatir, khawatir dunia akan melihat Indonesia sebagai Banana Republik, Banana Republik karena semua pejabat negara menduduki kursi kekuasaan tanpa pemilu yang demokratis," tuturnya.

Lebih lanjut, kata AHY, jika jabatan strategis negara diisi oleh Plt, maka kekuasaan yang dijalankan tidak mempunyai legitimasi.

"Tidak punya legitimasi yg kuat sehingga kekuasaan yg dimilki tidak sah sehingga dan juga tidak halal," pungkasnya.