Partai Persatuan Pembangunan Konsisten Dukung Pemilu Terbuka

Achmad-Baidowi.jpg
((Suara.com/Faqih))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) konsisten memilih pemilu dengan sistem proporsional terbuka. Hal itu disebut Ketua DPP PPP Achmad Baidowi.

Pria yang kerap disapa Awiek ini memastikan posisi politik PPP terkait sistem pemilu. Ia menegaskan PPP konsisten memilih Pemilu dengan sistem proporsional terbuka.

Belakangan, sikap PPP terkait dukungan sistem Pemilu itu menjadi pertanyaan usai Ketua Majelis Tinggi PPP Romahurmuzy atau Rommy bertemu dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Diketahui PDIP merupakan partai pendukung sistem Pemilu tertutup.

Menyusul pertemuan Rommy dan Hasto, PPP berencana melakukan pertemuan dengan Partai Bulan Bintang (PBB) pada pekan depan. PBB diketahui juga menjadi partai pendukung sistem proporsional tertutup.


"Terkait uji materi sistem Pemilu, sikap PPP sudah disampaikan secara resmi sama dengan 7 parpol Senayan lainnya bahwa sistem proporsional terbuka masih layak untuk dipertahankan," kata Awiek kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).

Baidowi menegaskan Fraksi PPP bersama tujuh fraksi lainnya di DPR juga menegaskan mendukung sistem proporsional terbuka.

"Dan sikap tersebut jg tertuang dalam pernyataan DPR saat memberikan keterangan dalam persidangan di MK. Sehingga kami menunggu saja apa pun putusan yang diterbitkan MK, PPP tetap siap," ujar Awiek.

"Karena sejatinya kewenangan hari ini ada di 9 hakim MK untuk memutuskan perkara tersebut," kata Awiek dikutip dari suara.com