Arsenal Selamat dari Kekalahan Berkat Gol Bunuh Diri Pemain Sporting Lisbon

Arsenal15.jpg
(Instagram@arsenal)

RIAU ONLINE, PORTUGAL-Arsenal gagal memetik poin penuh ketika bertandang ke markas Sporting Lisbon dalam laga leg pertama 16 besar Liga Europa 2022-2023, Jumat (10/3/2023) dini hari WIB.

Laga Sporting Lisbon vs Arsenal di Stadion Jose Alvalade itu rampung dengan skor 2-2 di mana wajah tim tamu terselamatkan oleh gol bunuh diri Hidemasa Morita.

Arsenal unggul lebih dahulu lewat gol Williams Saliba sebelum tim tuan rumah berbalik unggul melalui dua gol Goncalo Inacio dan Paulinho.

The Gunners berhasil menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Hidemasa Morita di pertengahan babak kedua, sebagaimana menyitat laman resmi UEFA.

Pertandingan leg kedua akan berlangsung di Stadion Emirates pada 17 Maret 2023.


Jalannya Pertandingan

Bermain di hadapan suporter sendiri, Sporting tancap gas dan bisa menciptakan peluang pada menit ke-6 lewat tendangan Pedro Goncalves. Namun, percobaannya masih melenceng dari sasaran.

Arsenal mulai mengontrol pertandingan, tetapi tekanan agresif dari Sporting membuat klub Inggris itu cukup kesulitan membangun serangan mereka.


The Gunners berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-22. Sepak pojok Fabio Vierra berhasil disambut tandukan Saliba yang lolos dari penjagaan. Skor menjadi 1-0.

Unggul satu gol membuat Arsenal makin agresif. Mereka menciptakan peluang pada menit ke-37 lewat sepakan keras Oleksandr Zinchenko, tetapi masih bisa dihalau kiper.

Sporting merespon dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-34. Umpan Marcus Edwards berhasil disundul Inacio di kotak penalti yang membuat kedudukan menjadi 1-1.

Setelah itu, tidak ada lagi gol tambahan dari kedua tim. Skor tetap imbang 1-1.

Babak kedua berjalan dengan tempo yang sama. Arsenal tetap mendominasi bola dan menyerang tim tuan rumah.

Pada menit ke-55, Sporting berbalik unggul berkat gol Paulinho. Sepakan Goncalves dari jarak dekat masih bisa dihalau Turner, tetapi bola rebound disambar Paulinho ke gawang kosong. Sporting unggul 2-1.

Arsenal mencoba membalas pada menit ke-59. Martinelli membuang kans menyamakan skor setelah sepakannya bisa diblok oleh Jeremiah St Juste.

Skuat asuhan Mikel Arteta akhirnya bisanya menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Granit Xhaka mencoba mengirim umpan terobosan ke Martinelli, tetapi bola justru membentur Morita sebelum masuk ke gawang sendiri. Kedudukan menjadi 2-2.

Arsenal hampir mencetak gol kemenangan pada menit ke-63. Tomiyasu memberikan umpan silang ke kotak penalti yang berhasil disundul Viera, tetapi Antonio Ada masih sigap dan menepis bola.

Tempo pertandingan mulai menurun. Namun, Arsenal masih bisa membuat beberapa peluang di sisa waktu pertandingan.

Skor tetap 2-2 hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, demikian Antara.

Susunan pemain Sporting Lisbon vs Arsenal

Sporting Lisbon (3-4-3): Antonio Adan; Jeremiah St. Juste, Sebastian Coates, Goncalo Inacio; Ricardo Esgaio (Diomande 76'), Hidemasa Morita, Pedro Goncalves, Matheus Reis; Trincao (Nuno Santos 71'), Paulinho (Chermiti 76'), Marcus Edwards (Fatawu 89').

Arsenal (4-3-3): Matt Turner; Ben White, William Saliba, Jakub Kiwior (Gabriel Magalhaes 71'), Oleksandr Zinchenko (Takehiro Tomiyasu 63'); Fabio Vieira, Jorginho (Thomas Partey 71'), Granit Xhaka; Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, Reiss Nelson (Emile Smith Rowe 71') dikutip dari suara.com