PKS Pastikan Dukung Anies di Pilpres 2024 walau Belum Deklarasi

Anies-dan-PKS.jpg
(PKS)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Koalisi Perubahan menunggu sikap resmi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setelah Partai Demokrat menyusul NasDem yang sebelumnya telah secara resmi menyatakan dukungan untuk Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden untuk Koalisi Perubahan. 

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman mengatakan, deklarasi untuk Anies memang tergantung proses di internal masing-masing. Hal itu pula yang saat ini masih dilakukan PKS.

"Kami di PKS Tentu juga terus melakukan proses internal kita, dan pada waktunya kami tentu juga akan menyampaikan deklarasi sebagaimana Nasdem maupun Demokrat," kata Sohibul di kediaman Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Kendati belum resmi, Sohibul menyiratkan pada akhirnya PKS akan mengikuti jejak NasDem dan Demokrat dalam mendukung penuh Anies.

"Mungkin banyak yang bertanya, apa benar PKS ini dukung Pak Anies? Saya katakan, kalau PKS ini tidak dukung Pak Anies maka tidak mungkin saya ada terus-terusan di dalam tim kecil ini," kata Sohibul.

Sohibul berujar, dirinya merupakan utusan resmi PKS di tim kecil.


"Jadi, kalau saya terlibat di tim kecil ini menunjukkan bahwa memang PKS dukung. Kami masalahnya deklarasi kapan itu adalah proses internal kami. Jadi, kami tuntaskan itu nanti pada waktunya, kami akan mendeklarasikan," kata Sohibul.


Bersiap Deklarasi Koalisi

Tim kecil Koalisi Perubahan berkumpul di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023). Pertemuan itu menghasilkan satu keputusan terkait pencalonan Anies di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Sudirman mengatakan, kalau tim kecil yang merupakan perwakilan dari PKS, Partai Demokrat dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) bersepakat bahwa mereka akan menyiapkan deklarasi.

"Salah satu keputusan hari ini teman-teman yang selama ini berkumpul dalam tim kecil tadi bersekapat bersiap-siap secara paralel untuk menyiapkan deklarasi bersama," kata Sudirman usai pertemuan.

Persiapan itu dilakukan masing-masing partai. Hal tersebut disampaikan Sudirman karena mengingat setiap partai memiliki mekanismenya masing-masing.

"Jadi kami berdelapan ini akan menyiapkan diri untuk bersiap-siap melakukan deklarasi pada waktunya," ujarnya.

Langkah Koalisi Perubahan tersebut ditempuh usai Partai Demokrat melalui Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan partainya mendukung Anies sebagai bacapres Pilpres 2024 dikutip dari suara.com

"Maka kita sudah mencapai mendekati 20 persen tinggal satu lagi, insyaAllah kita doakan mudah-mudahan teman-teman PKS juga menyusul pernyataan semacam itu."