Daftar Kasus di BUMN yang Dibongkar Erick Thohir

Erick-Thohir3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN sejak dilantik pada 2019 sudah memasuk masa berakhir. Pengusaha yang berhasil menduduki kursi kementerian yang membawah 72 BUMN itu mengungkap banyaknya kasus BUMN selama kepemimpinannya.

BUMN banyak melakukan "bersih-bersih" selama kepemimpinan Erick. Mulai dari penyegaran struktur hingga membubarkannya karena dianggap menyedot anggaran negara.

"Untuk masalah bersih-bersih BUMN, saya rasa saya tidak segan-segan mendorong yang namanya kasus-kasus hukum di BUMN, kasus Jiwasraya dari 2006 itu tidak pernah dilakukan, ketegasan, tetapi Alhamdulillah saya melaporkan kepada Pak Presiden Joko Widodo dan beliau sangat mendukung," ungkap Erick, dikuti dari Suara.com, Senin, 23 Januari 2023.

Tercatat sederet kasus hukum di BUMN, khususnya korupsi yang dibongkar di era kepmimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN. Apa saja?

1. Jiwasraya

Kasus Jiwasraya menjadi kasus paling terkenal yang dibongkar pada masa Erick Thohir. BUMN yang bergerak di bidang koperasi dan asuransi jiwa ini mengalami gagal bayar polis asuransi JS Saving Plan karena adanya kecurangan (fraud) yang telah lama terjadi.

BPK mencatat, Jiwasraya telah membukukan laba semu sejak 2006 dan baru diproses pada 2020. Kasus ini tak luput dari peran akuntan yang diduga sengaja melakukan kecurangan hingga merugikan negara sebesar Rp 16,81 T.

2. ASABRI


Demikian pula dengan kasus ASABRI. Kasus korupsi yang menyeret bos PT Hanson Internasional, Benny Tjokorsaputro, itu berkaitan dengan adanya penyelewengan pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT ASABRI pada 2012-2019 dan baru terungkap beberapa tahun yang lalu. Akibatnya, negara merugi hingga Rp 23,7 T.

3. Garuda Indonesia

Kasus kecurangan atau fraud juga terendus di perusahaan BUMN penerbangan kebanggaan nusantara, Garuda Indonesia.

Secara resmi pihak Garuda Indonesia dinyatakan bersalah dan dikenakan sanksi oleh beberapa lembaga seperti Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bursa Efek Indonesia (BEI) atas kecurangan pengakuan pendapatan pada laporan keuangan 2018.

Garuda Indonesia juga diduga melakukan korupsi pengadaan pesawat CRJ-1000 dan ATR 72-600 hingga membuat negera rugi Rp 8,8 T.

4. Krakatau Steel

Restrukturisasi juga terjadi pada PT Krakatau Steel yang bersumber dari adanya indikasi korupsi yang dilakukan para jajaran yang berasal dari proyek blast furnace (BFC) yang sempat mangkrak selama 6 tahun dari 2012 sampai 2018. Proyek yang terhitung sejak 2011-2019 ini bahkan membuat negara merugi sampai Rp 6,9 T.

5. PT Antam

Kasus korupsi di BUMN yang terbaru terungkap oleh KPK sejak penelusuran adanya dugaan penyelewengan jabatan dan korupsi oleh General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia PT Antam, Dodi Martimbang, yang merugikan negara hingga Rp 100,7 miliar.

Kasus korupsi ini diduga dalam pengolahan anoda logam (dore kadar emas rendah) antara PT Antam dengan PT LM (Loco Montrado) pada 2017 dan baru terungkap di awal 2023.